Sunday, December 23, 2018

Abrakadabra Hostel, Penginapan Murah Solusi 'Nggembel' Di Jogjakarta

Sejatinya saya itu bukan ingin ke Jogja, saya maunya itu ke Singapura, Jepang, Australi, pokoke yang saya pengen itu sejatinya backpacker ke luar negri. Sayang, kantongan kok dari dulu cekak-cekak aja. Tabungan juga segitu-gitu aja, nggak nambah, nyusut malah iya. Kalau ada istilah saldo lima koma, yang berarti setiap tanggal lima pasti koma. Kalau saldo ATM saya, nggak kenal istilah-istilah begituan. Hla wong nggak usah nunggu tanggal lima, itu saldo koma terus nggak ada bangun-bangunnya. Kalau dibahasakan pakai bahasa medis sih sebutannya NDE (Near Death Experience). Yeahh, kondisi ATM saya cen lagi setara sama istilah Mati Suri. Fiuhh,,,

Tapi saya itu anaknya positif. Jadi biar kata saya belum sanggup ke luar negri, saya coba berpikir “Ohh, mungkin maksudnya Allah, saya disuruh ke Jogja dulu.”

Lohh, kok Jogja ??

Iya, soalnya ini kota yang paling terjangkau di kantongan. Saya kan pengen banget backpackeran ke luar negri terus njajal nginep di dormitory gitu. Nah karna belum sanggup, bahkan untuk sekedar jadi ‘gembel’ aka backpacker, jadilah saya beberapa waktu lalu nyoba jadi backpacker terus nginep  di Jogjakarta saja.

Nggembel kok di Jogja to Daaa??? Nggak ada keren-kerennya, blas! 

Haha, biar.

Abrakadabra Hostel, Solusi Menginap Murah Di Jogjakarta

Abrakadabra Hostel



Penginapan jenis dormitory yang saya pilih biar serasa nggembel di luar negri, adalah Abrakadabra Hostel. Usai browsing sana-sini dan ndilalah liat iklan instagram, saya langsung tertarik sama hostel tersebut. Nama hostelnya saja sudah menarikable.

“Abrakadabra”

Setiap nama adalah doa. Mungkin yang punya memberi nama itu sembari mendoakan semoga yang nginep jadi orang setia dan disetiain. Seperti lagunya Mulan Jamela: “Abrakadabra, aku sulap kamu jadi... lelaki setia, yang tak suka main, perempuaaaannnnn......”

#eaaaa

Abrakadabra Hostel ini adalah hostel. Ingat ya, "Hostel" pakai S. Bukan hotel !!! Jadi ntar kalau kamu ke sini jangan berekspektasi kamu datang ke hotel biar nggak kecewa.
penginapan murah jogja di bawah 100 ribu


Memacu motor dari Wonogiri saya sudah dipenuhi perasaan suka cita karna akhirnya saya akan nginep di hostel pertama kali dan tidur di atas dormitory pertama kalinya juga.

Namun setibanya di Abrakadabra Hostel, tetiba saya justru langsung canggung.

Tau sih, saya akan menginap di Hostel, tapi ya saya nggak ngira aja hostelnya bakalan kaya rumah biasa. Memang sih, penampakannya dari luar unik. Pagarnya kayu dipenuhi tanaman dan temboknya penuh gambar artistik. Tapi tetep rumah banget kesannya. Membuat saya sempet tak yakin,

“saya beneran nginep di sini? Kayak nginep di rumah orang yang tidak dikenal dong? Yakin? Kamu cuma sendirian lho Da?” batin saya ragu-ragu.

“Bismillah, Insya Allah aman,” Begitu saya coba menyakinkan diri sendiri.

backpacker jogja


Pas membuka pintu saya masih belum yakin kalau Abrakadabra Hostel adalah penginapan. Hlawong lokasi resepsionisnya ada di dalam. Harus jalan melewati space kosong ruang tamu lebih dulu, dan tak ada orang yang langsung berjalan tergopoh-gopoh menyambut saya layaknya di penginapan-penginapan lain.

Abrakadabra Hostel Jogja


“Ini, Abrakadabra Hostel ya mas?” tanya saya ragu-ragu sembari mengedarkan pandang ke sekeliling.

“Iya benar, Mbak,” ucap Mas Aris yang menjadi resepsionis, dari balik bilik lubang yang didesain sedemikian hingga menjadi ruang resepsionis.

“Ahh, bener berati. Saya sudah booking kamar mas,” adegan selanjutnya adalah Mas Aris memproses bookingan online saya yang saya pesan melalui agoda.com. Dan juga , saya segera membayar biaya yang diperlukan.

kamar murah jogja


Jadi ceritanya, saya nginap pakai Agoda, tapi hanya booking saja, dan pembayaran dilakukan saat tiba di tempat. Karna ini penginapan dormitory termurah di Jogja, jadi saya hanya perlu membayar Rp. 60.000 untuk semalam.

Bermalam di Abrakadabra Jogja

Usai Mas Aris memproses kamar saya, ia lantas menyerahkan handuk, kunci loker dan menerangkan tentang peraturan menginap di Abrakadabra Hostel.

hotel murah jogja
Loker Abrakadabra Hostel

“Untuk barang-barang, bisa di taruh di sini ya Mbak,” ujar Mas Aris menunjukkan saya barisan loker kayu besar dengan kunci gembok terpasang. Ia membukakan salah satu lemari lantas mempersilahkan saya untuk meletakkan tas di dalam.

Tidak ada lemari tersendiri layaknya ketika menginap di Hotel. Saat menginap di dormitory Hostel Abrakadabra, lemari adalah loker kayu besar yang berada di dekat resepsionis. Nantinya tiap kunci loker dibawa oleh masing-masing pengunjung.

“Ini kamarnya, Mbak. Silahkan pilih mau tempat tidur yang mana. Kebetulan tamu yang lain belum pada datang, jadi Mbak masih bisa piih kamar,” Mas Aris membawa saya memasuki kamar dormitory khusus perempuan. Saya selanjutnya memilih tempat tidur yang bagian atas. Yeahh, sensasi naik-naik tangga dan berada di ketinggian tentunya lebih menarik minat saya. Tepat di bawah saya adalah tempat tidur seorang turis bule.

Saya seneng. Tentu saja, karna saya mendapatkan kesan backpackeran kayak di luar negri. Kan ketemu bule. Wkwkwk.

kamar abrakadabra
Tempat Tidur Saya

“Kalau mau minum, bisa ambil di sini ya Mbak. Kalau mau bikin kopi atau masak apa, bisa di sini,” Mas Aris selanjutnya membawa saya ke bagian dapur. Saya hanya mengangguk-angguk.

Dari penjelasan Mas Aris, Abrakadabra Hostel memang didesain agar para tamu mendapatkan kesan hommy. Bebas mau ngapain aja di sini. Mau masak atau bikin minum sendiri layaknya di rumah bisa. Mau bersantai-santai sembari wifian dengan sinyal wifi yang super kenceng, bisa.

Dari sisi desain, seluruh interior ruangan kesannya artistik. Ada banyak tanaman yang ditata sedemikian rupa sehingga tampak apik. Depan kamar dormitory perempuan adalah tempat bersantai serta kolam ikan. Tembok-tembok penuh coretan dari tanda tangan, lukisan, tulisan, serta stiker. Berbagai aksesoris rumah  terbuat dari bahan-bahan bekas sehingga kesannya unik. Pokoknya seluruh yang ada di sini nyentrik lah.

penginapan unik jogjakarta

hotel unik jogja

jogja penginapan

Abrakadabra hostel


Abrakadabra penginapan

Tempat tidur dormitory di Abrakadabra ini kasurnya semacam kasur matras tapi enak buat tidur. Saya paginya sedikit nggak percaya, rupanya semalam saya bisa tidur dengan sangat nyenyak di sana. Padahal jujur saja, nginep di sini rasanya nggak jauh beda sama nginep di kos-kosan. Tapi mungkin karena itu tidur saya sangat nyenyak.

Sewaktu saya upstat kamar saya, teman kos saya ngekek-ngekek menertawakan saya lantaran nginep di penginapan kok ya kayak kosan. Tanggung katanya. Nggak sekalian nginep di hotel yang kerenan gitu. Saya cuman ngakak, dia sih, kagak paham betapa pengennya saya tidur di dormitory. Haha

Saat pagi menjelang, saya mencoba naik ke atas balkon Abrakadabra Hostel. Baru saya ngeh, ada kamar di balkon. Jadi kamar yang di balkon ini bentuknya beda. Ya, kelasnya lebih mahal lah pasti. Soalnya balkon atas itu berupa kayu-kayu papan dengan beberapa tanaman di sisi luar yang memberi kesan teduh, dan kasurnya juga kasur besar yang empuk.

balcon abrakadabra

bersantai di jogja


Meski sejatinya di balkon atas ada tamu menginap, tapi untung si tamu sedang entah dimana. Jadinya, saya kemarin dibolehkan Mas Aris leyeh-leyeh di balkon, menikmati suasana sembari menyantap sarapan yang disediakan. Yeahh, lumayan lahh, acara sok nggembel kemarin saya mendapat sarapan pagi Abrakadabra Hostel berupa sepiring bihun beserta gorengannya, plus segelas teh hangat.

fasilitas abrakadabra hostel


Well, kalau kamu juga pengen nggembel di Jogja, butuh penginapan murah di bawah 100 ribu di Jogjakarta, mungkin kamu perlu juga menjajal dormitory Abrakadabra Hostel. Untuk pemesanan, kamu bisa booking online melalui agoda.com, booking.com maupun Art BnB. 


Abrakadabra Hostel
Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55141





Related Posts

Abrakadabra Hostel, Penginapan Murah Solusi 'Nggembel' Di Jogjakarta
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

6 comments

Tulis comments
avatar
24 December, 2018 10:27

Aku pingin nyoba dormitory tapi ra tau tegel mbak hahaa.. Kebayang sendirian.

Reply
avatar
25 December, 2018 19:44

wkwkwk, aku yo gur dewean mbaaa

Reply
avatar
26 December, 2018 00:07

wah cocok banget nih buat para backpacker.

Reply
avatar
26 December, 2018 17:55

Aku yo pernah 'nggembel' ning dormitory hostel mbak ning jogja, pas meh dandani klien. Jam 4 subuh, aku wes check out. Wkwkwk 😂😂😂

Reply
avatar
27 December, 2018 21:25

Wah desainya emang ky begitu ya gan :D unik dan kreatiff...

Reply
avatar
29 December, 2018 20:25

Wahh. Dormitory ngendi mba?

Reply

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)