Wednesday, October 17, 2018

Warung Gongso, Pilihan Kuliner Serba Gongso Di Kota Solo

Ragam pilihan kuliner Kota Solo ada sebegitu banyaknya. Bahkan belakangan kota ini rasanya tumbuh menjadi kota kuliner. Dimana-mana, dengan mudahnya bisa kita jumpai tempat makan, dari yang bentuknya warung biasa, hik, kaki lima, sampai restoran dan cafe. Buanyak pilihan memang. Tapi dari sekian banyak pilihan ada satu tempat makan di Solo yang lumayan punya nama dan bakalan memanjakan kamu pecinta masakan gongso utamanya buat kalian yang gemar makan iga, iso, babat dan kikil. Nama warung tersebut adalah “Warung Gongso”.

Nama warungnya sebenarnya ya cuma “Warung Gongso” begitu saja. Banyak juga yang menyebutnya Warung Gongso belakang Solo Square. Tapi saya sendiri lebih suka memanggilnya dengan sebutan “Warung Gongso WG”. Sesuai dengan simbol yang nangkring di logo warung.

Sejatinya saya sudah pengen cobain makan berbagai gongsonan di sini sejak dari dulu-dulu. Warung Gongso WG cukup tenar, makanya saya ikutan penasaran untuk menjajal apakah ini warung beneran enak atau nggak.

Mencicip 17 Menu Gongso di Warung Gongso Solo

menu warung gongso

Kursi-kursi terlihat penuh saat saya datang . Hanya tersisa 2 bagian tempat yang masih kosong. Satu bagian kursi grup yang muat sekitar 6 orangan. Satu lagi kursi untuk 2 orang. Hemm, beneran, ramai ternyata.

Saya memandangi papan menu dengan expresi bingung sejenak. Iyalah, hla jebul pilihan menunya ada banyak. Saya hitung ada sekitar 17 varian menu yang bisa dipilih. Semua dari jenis ayam, sapi dan bebek.

Dari 17 menu tersebut, paling menjadi menu andalan Warung Gongso adalah menu Iga, Iso, babat, dan kikil. Kalau saya kemarin menjajal Iga gongso, babat gongso serta dada gongso.

Rasanya, weleh-weleh… bener kata orang-orang “uenak”

gongso solo
Dada Gongso
iga gongso solo
Iga Gongso


Saya itu biasanya nggak doyan makan babat-iso, tapi kemarin itu hla kok diantara 3 menu ini paling favorit banget. Babatnya itu masaknya tidak terlihat nggilani. Biasanya kalau babat dimasak wujudnya itu keliatan gimana gitu menurut saya. Tapi kemarin itu, nggak. Babat diiris kecil-kecil , gongsonannya nggak terlalu memperlihatkan wujudnya, jadi saya doyan untuk mencoba. Pun pas dijajal, rasanya duhh… kenyil, empuk sekaligus bumbunya itu merasuk sampai ke dalam-dalam.
Pun dengan menu iga gongso serta dada gongsonya. Uenak dan merasuk semua bumbunya.

Yang lebih yahut, saya kemarin memakan berbagai jenis gongso dipadukan dengan nasi kuning. Kalau biasanya gongsonan itu hanya ada nasi putih, di sini ada nasi kuning yang menjadi menu baru , sekaligus kekhasan baru buat Warung Gongso WG.

Menurut salah satu kokinya, selain cita rasa yang khas, kelebihan Warung Gongso terletak pada penyajiannya dimana gongsonan di warung gongso ini tidak memblek-memblek banyak kuah, seperti di tempat lain. Pun dengan menunya yang penuh. Misal pesan daging atau iso, maka ya hanya daging atau iso yang diberikan, tidak dicampur dengan yang lain-lain. Jadi jujur. Porsinya juga tidak pelit.

Soal harga, menu makanan di Warung Gongso murah meriah. Harga dimulai dari kisaran Rp. 8.000 sampai 15 ribuan. Dan Rp. 35.000 untuk menu campur. Harga yang sangat terjangkau di kantong. Pantas saja rame, pembeli datang hilir mudik. Hla wong sudah enak, murah pula.

PIlihan menu Warung Gongso

Sekilas Tentang Warung Gongso

warung gongso

Berdiri sejak kurang lebih 4 tahun yang lalu, Warung Gongso WG sekarang sudah memiliki beberapa cabang warung yakni di Klaten, Karanganyar, dan Honggowongso. Warung yang ternyata milik teman SMF saya ini, bisa disebut sebagai warung yang berawal dari modal nekat. Suami dan teman saya mengawali berdirinya warung ketika sang suami resign dari pekerjaannya di Timur Leste. Teman saya yang ketika itu anaknya masih bayi, tidak memungkinkan membawa bayi ke sana. Maka dari itulah, mereka kemudian mikir “mau ngapain di Solo?” Mereka akhirnya mendirikan Warung Gongso dengan mengerahkan seluruh tabungan yang tersisa.

Proses Memasak
Menu gongsonan sendiri dipilih lantaran menu ini merupakan menu masakan andalan keluarga. Seiring berjalannya waktu, warung ini semakin laris hingga hari ini. Ahh, selalu senang kalau mendengar cerita-cerita teman-teman yang sukses merintis karir sebagai pengusaha seperti ini. Keteguhan menghadapi ujian usaha, dan konsistensi menjaga kualitas produk adalah kunci sukses mereka, termasuk dengan Warung Gongso.

“Alhamdulillah banget Da, dulu aku mimpiin warungku dikenal orang. Pengen iklan ke sana kemari nggak ada dana. Tapi suamiku bilang ‘sabar, suatu saat Allah pasti kasih kejutan’ dan bener aja semua itu terkabul. Kalau mbayangin dulu itu aku masih kayak mimpi,” ujar teman saya menceritakan tentang perjalanannya.

Mengawali promosi hanya dari sosmed facebook dan twitter saja kala itu, semakin lama Warung Gongso semakin dikenal orang. Promosi dari mulut ke mulut tentang kualitas masakan tidak terpungkiri menjadi andalan hingga kemudian warung semakin dikenal ketika mulai ada beberapa media yang datang meliput. Yeahh, kata orang rejeki usaha suami istri itu berkahnya selalu mengiringi mungkin ya semacam ini. Usaha yang dirintis bersama akhirnya menunjukkan hasilnya. Warung Gongso, eksis hingga hari ini.

Nah, jika kamu penasaran ingin mencoba menu masakan gongso kalau datang ke Solo, cobain aja dateng ke Warung Gongso belakang Solo Square. Inget ya, Warung Gongso dengan logo gambar topi koki plus tulisan WG di atasnya.

Warung Gongso juga melayani delivery order wilayah Solo Raya. Kalau pengen, bisa menghubungi ke: 0813-2594-1922

Box porsi Delivery Order



Warung Gongso
Jl. Blimbing No.67, Pajang, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57146
Buka jam: 10.30
Ig : @warunggongso

Related Posts

Warung Gongso, Pilihan Kuliner Serba Gongso Di Kota Solo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

12 comments

Tulis comments
avatar
17 October, 2018 13:14

Jadi ngiler nih melihat foto-foto makanan di atas.

Reply
avatar
17 October, 2018 13:15

Harga menu di warung gongso cukup terjangkau ya.

Reply
avatar
17 October, 2018 13:19

Wah recomended banget deh, kapan-kapan kalau ke solo waib mampir nih.

Reply
avatar
17 October, 2018 13:20

Bisa DO juga ternyata, andai saja bisa DO ke malang wkwkwk :D

Reply
avatar
17 October, 2018 13:20

Ngiler saya melihat menu-menu gonso di atas.

Reply
avatar
17 October, 2018 13:21

Wah, kalau ke solo bisa mencoba kuliner di warung Gongso nih, terimakasih infonya. Sangat bermanfaat sekali :)

Reply

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)