Sunday, October 14, 2018

Menara Eiffel, Patung Liberty Hingga Patung Susu Tumpah, Kebanggan Baru Kota Boyolali

Bermula dari njagong ke Boyolali, siapa sangka saya dan seorang teman akhirnya malah piknik ke Perancis, Amerika, bahkkan Italia. 3 negara 2 benua dalam satu waktu. Asiknya lagi tanpa paspor. Kurang keren apa coba saya ini?

Lohh, kok bisa?

Haha. Iyalah. Karena saya datang ke Eropa dan Amerika versi KW-KW an. Jadi ya yang saya lihat hanya Paris-parisan, Italia-italianan, dan Liberty-libertynan. Yap, tempat yang tidak sengaja saya kunjungi ini adalah Menara Eiffel, Menara Pisa serta Patung Liberty KW yang ada di Boyolali.

7 Keajaiban Dunia Versi Boyolali

Awalnya nggak sedikitpun ada niatan datang kemari karna sejatinya saya nggak terlalu suka wisata KW-KW an. Tapi berhubung tempat njagong saya hanya beberapa meter dari Menara Eiffel versi Boyolali, ya sudahlah sekalian aja mampir. Siapa tau, habis liat yang KW, terus dua bulan kemudian bisa beneran dateng ke sana kan ya siapa tau. Wekekek

patung liberty boyolali

Menara Eiffel, Patung Liberty, serta Menara Pisa versi Boyolali ini, ketika saya kemari belum sepenuhnya rampung. Masih dalam proses pengerjaan untuk merampungkan miniatur keajaiban dunia Boyolali. Tapi memang, meskipun dalam proses pengerjaan, lokasi Menara Eiffel Boyolali sudah cukup rame karena mungkin sudah banyak akun kota Boyolali dan sekitar Solo yang mulai mempopulerkan lokasi ini.<

menara eiffel boyolali

menara pisa boyolali

Untuk ketinggiannya sendiri, Menara Eiffel di Boyolali tingginya berkisar 12 meter, Sedangkan Menara miring atau Menara Pisa Boyolali sekitar 7 meter, dan Patung Liberty sekitar 6 meter.

Merangkum berita dari detik.com: luar negri KW di Boyolali nantinya tak hanya cukup berisi Menara Eiffel versi Boyolali maupun Patung Liberty dan Menara Pisa saja, namun ke depan Boyolali bakalan punya replika keajaiban dunia yang lain. Jadi nggak cukup puas dengan Benua Amerika dan Eropa , tapi Pemkab Boyolali akan melengkapi kabupaten yang terkenal dengan susunya tersebut dengan 7 keajaiban dunia lain yang dimiliki pula oleh benua Asia, yakni: Candi Borobudur, Taj Mahal, Sphink dan Piramida Incha.

Wow, kurang hits apa coba Boyolali itu? Disneyland, dan Tahura aja kabarnya juga bakal ada di kota ini. Kalau bercandaanya temen sih, ini lantaran Pak Bupatinya sayang sama warganya. Jadi biar warganya bisa lihat keajaiban dunia tanpa perlu repot-repot ke luar negri. Wkekekek.

Lokasi Menara Eiffel versi Boyolali


menara eiffel boyolali


Lokasi Menara Eiffel Boyolali berada dekat dengan Pasar Sunggingan . Rutenya dari Tugu Adipura Pasar Sunggingan ke arah utara tepatnya di Bundaran Asrikanto.

Lokasi miniatur dunia di Boyolali tersebut berada di area terbuka. Jadi ini semacam taman kota yang ada di Boyolali. Meskipun belum jadi, area Patung Liberty Boyolali tersebut, saat kami ke sana kemarin sudah digunakan oleh warga tak hanya untuk foto-foto. Tapi juga sekedar jalan-jalan bersama keluarga serta olahraga. Seperti yang dilakukan 3 orang nenek yang saya temui kemarin. Sembari foto-foto, saya mengamati nenek-nenek tersebut. Berkali-kali ia mondar-mandir, berjalan santai mengitari lapangan sembari sesekali menengok ke arah replika keajaiban dunia. Butuh waktu lama buat saya untuk ngeh bahwa, oalah para nenek-nenek ini ternyata sedang olahraga. Hehe


menara eiffel boyolali

Secara keseluruhan, miniatur dunia kota Boyolali direncanakan bakal rampung sekitar bulan November. Nantinya untuk keajaiban dunia yang lain lokasinya di tempatkan secara terpisah di Alun-alun Lor Boyolali. Saat ini, di sana yang baru jadi baru replika Candi Borobudur.

Melihat Lebih dekat Patung Susu Boyolali


patung susu tumpah boyolali


Nah, yang baru dari Boyolali bukan hanya replika keajaiban dunia. Tapi juga keberadaan Patung Susu Tumpah. Patung susu ini cukup unik karena seolah botol susu seperti melayang saat menuang susu ke dalam gelas hingga susu seperti tumpah-tumpah. Pun di bawahnya, kaleng-kaleng susu segar, ditata melingkari patung.

Patung Susu Boyolali cukup ikonik menurut saya. Sangat mencerminkan keberadaan Boyolali sebagai kota susu. Berada di pusat kota dekat Simpang Siaga, keberadaan Patung Susu seperti melengkapi keberadaan patung Lembu Suro yang lebih dulu ada. Jadi jika di komplek perkantoran Boyolali ada sapinya, maka di dekat Pasar Kota Boyolali ada susunya.

Monumen Susu Tumpah Boyolali keberadaanya menggantikan monumen tugu jam yang dulu ada. Desain monumen susu sendiri merupakan hasil sayembara yang diadakan tahun 2017 (sumber:solopos).

Desainnya memang unik. Pun terlihat khas dan lumayan instagramable. Hanya saja kalau kemari dan ingin foto-foto sebaiknya jangan berhenti di tengah-tengah. Terlalu bahaya mengingat lokasinya yang berada di tengah bundaran jalan raya yangmana merupakan lalu lintas kendaraan dari berbagai arah. Jadi jika ingin foto-foto di sini mungkin bisa parkir motor dan mengambil gambar dari Pasar Kota saja.

pasar boyolali
Pasar Kota Boyolali

pasar kembang boyolali
Penjual kembang pasar boyolali

Boyolali tampaknya memang sedang gencar-gencarnya membangun beberapa tempat yang tentunya  menarik minat para milenial untuk mengunjunginya. Yeah, sebagai orang dari luar Boyolali, yang lumayan kerap mengunjungi Boyolali saya ikut senang jika kota ini maju. Tapi semoga, beragam pembangunan tidak hanya dipusatkan di kota saja. Keberadaan infrastruktur yang baik tentunya lebih bisa ‘menyenangkan’ masyarakat secara keseluruhan. Jalan-jalan yang rusak di berbagai sisi Boyolali pinggir semoga lekas pula diperbaiki, hingga saya tak perlu lagi merasakan sensasi ngetril kalau lagi berkunjung ke pelosok Boyolali. Pun, saya tak perlu lagi melihat share-sharean lini masa yang memperlihatkan keajaiban dunia Boyolali dimana ada pohon pisang yang bisa tumbuh di tengah jalan beraspal. Yeah semoga.

Jadi, jika kamu ingin berfoto ala-ala di luar negri dengan background kota Paris dan New York, cuss aja datang ke Boyolali lantas berfoto dengan background Menara Eiffel Boyolali

Related Posts

Menara Eiffel, Patung Liberty Hingga Patung Susu Tumpah, Kebanggan Baru Kota Boyolali
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

4 comments

Tulis comments
avatar
14 October, 2018 10:40

Bisa jenjalan ke beberapa negara sekaligus dalam satu waktu ya Mbaaak, :D

Reply
avatar
14 October, 2018 15:27

Wogh.. cepet tenan apdette.. haha

Kira" rampung kabeh kapan ya..?

Reply
avatar
18 October, 2018 06:20

wkwkwk. iya mbak. sekaligus

Reply
avatar
18 October, 2018 06:22

haha.. memanfaatkan momen..
november targete rampung

Reply

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)