Sunday, July 29, 2018

Rekomendasi Warung Bakso & Mie Ayam Wonogiri Yang Enak dan Populer

Bakso dan Mie Ayam adalah makanan yang identik dengan Wonogiri. Kedua makanan ini banyak disebut-sebut sebagai makanan khasnya Wonogiri. Benar atau tidak saya tidak begitu yakin. Namun yang saya tahu masarakat Wonogiri memang terkenal banyak yang merantau ke berbagai tempat di Indonesia sebagai pedagang bakso ataupun mie ayam.

Jika catatan kemarin, saya membicarakan kuliner Wonogiri Sego tiwul, maka kini giliran baksonya.

Lantas, sebagai daerah yang disebut-sebut sebagai kota asalnya bakso dan mie ayam, mana saja warung yang bisa kamu jadikan pilihan tempat Makan Bakso dan Mie Ayam di Wonogiri? 

Di bawah saya mencoba memberikan rekomendasi warung Bakso dan Mie Ayam Wonogiri berdasarkan ‘yang menurut saya enak, populer dan terkenal’.

Catatan ini saya dedikasikan untuk kamu yang sedang mencari bakso enak di Wonogiri beserta harga. Kalau warung bakso favorit kamu nggak kecatet, mungkin kamu bisa tambahkan di kolom komentar.

Mana saja tempat makan bakso di Wonogiri dan Mie Ayam di Wonogiri yang saya rekomendasikan? Simak lantas pilih ya!

1. Makan Bakso di Wonogiri Yang Pertama adalah di Bakso & Mie Ayam Gajah Mungkur


bakso enak wonogiri


Warung bakso ini tentu sudah tak asing lagi bagi kebanyakan warga Wonogiri. Menukil nama waduk terbesar di Wonogiri, bakso dan mie ayam Gajah Mungkur  sudah sangat populer sejak saya masih kecil.  Rasanya enak. Bakso urat dengan rasa cukup yahud ini dulu lokasinya berada persis di sebelah kantor Pegadaian Wonogiri. Tapi semenjak muncul peraturan perapian PKL, Warung Bakso Mie Ayam Gajah Mungkur pindah ke salah satu bangunan di perempatan jalan depan Yasuka Motor.


Harga Bakso & Mie Ayam Gajah Mungkur kisaran Rp. 10-16.000 Untuk daftar lengapnya bisa cek di bawah

daftar menu bakso gajah mungkur

Untuk lokasinya bisa ikuti map di bawah




2. Bakso & Mie Ayam Rudal Wonogiri


Kalau penggemar per-baksoan, nama bakso Rudal tentu juga sudah tidak asing lagi. Dahulu warung bakso ini lokasinya berdekatan dengan warung bakso Gajah Mungkur, namun karena perapian PKL juga, Warung Bakso Rudal, kini berpindah ke dekat bekas toko koran Vembi. Tepatnya menempati bekas warung makan Bu Wignyo, samping toko oleh-oleh Pak Dar.

bakso rudal wonogiri
Warung bakso ini tak pernah sepi sejak jaman dulu, karena rasanya emang top. Makanya, dulu warung ini juga jadi jujugan favorit saya usai menemani nenek jualan.

Harga Bakso dan Mie Ayam Rudal jika dibandingkan dulu naik lumayan banyak. Sekarang harganya berkisar Rp. 10.000-20.000 detailnya silahkan dibaca di bawah
rudal bakso enak wonogiri

Untuk lokasi bisa cek kemari:

3. Warung Bakso & Mie Ayam Pak Bagong

Warung bakso ini namanya cukup populer, seringkali ditanyakan oleh beberapa kenalan saya yang berasal dari luar Wonogiri. Pasalnya, Warung Bakso Pak Bagong memang sudah membuka beberapa cabang di luar Wonogiri. Bakso urat dan bakso ati Pak Bagong rasanya cukup enak. Tapi bukan favorit saya. Almarhumah nenek saya dulu yang doyan banget sama bakso ini. Kalau saya sih biasa saja.
bakso jumbo pak bagong

Warung Bakso Pak Bagong lokasinya masih di tempat yang sama, di jalan depan Pasar Wonogiri. Tapi sekarang sudah menempati ruko, tidak lagi di dalam tenda.

Harga Bakso & Mie Ayam Pak Bagong :

Mie Ayam Rp.   10.000
Bakso        Rp.   15.000
Mie Ayam-Bakso Rp. 20.000
Bakso Jumbo Rp. 27.000

Lokasi Bakso Pak Bagong





4. Bakso & Mie Ayam Titoti

Diantara semua pedagang bakso, mugkin pengusaaha Bakso Titoti ini bisa disebut yang paling sukses. Cabangnya nyaris tersebar di mana-mana. Dari sisi rasa, banyak yang bilang rasanya memang enak, sekaligus penyajiannya pun berbeda. Kuah dipisah, sehingga kesannya lebih elegan. Tapi biarpun banyak yang bilang enak, kalau buat saya pribadi bakso Titoti kurang cocok di lidah saya. Kalau kata temen-temen sih selera saya yang aneh, tapi ya mau gimana lagi biarpun terkenal saya memang tidak suka. Hehe. Tapi buat kamu yang favorit sama bakso Titoti, tentu tidak akan terpengaruh sama pendapat saya, karna gimanapun rasa tidak untuk diperdebatkan. Hehe.

Untuk dapetin bakso Titoti ini, kamu bisa mendatangi warungnya di dekat Kodim Wonogiri. Tepatnya, lihat saja google map yak!


Harga Bakso & Mie Ayam Titoti Rp 10.000-20.000. Lengkapnya silahkan lihat di bawah daftar menunya
bakso titoti


5. Bakso &Mie Ayam Pak Tukang

Warung Bakso danMie Ayam ini ada dua. Keduanya didirikan oleh kakak beradik. Satu di dekat Gudang Seng, satunya di dekat Pasar Giriwono. Baksonya enak, dan sekarang ini tempat favorit saya kalau lagi pengen makan mie ayam. Rasa mie ayamnya enak plus harganya nggak mahal. Selalu saya rekomendasikan kalau ada temen yang main ke Wonogiri dan pengen makan Mie Ayam.

Harga Bakso &  Mie ayam Pak Tukang
Mie Ayam Rp. 8.000
Bakso        Rp. 11.000
Campur     Rp. 11.000

6. Bakso & Mie Ayam Rahayu

Lokasi warung bakso ini berada di dalam pasar Wonogiri. Saat Pasar Wonogiri belum terbakar, seingat saya nama bakso ini belum begitu bergema, tapi sejak Pasar Wonogiri direnovasi, Warung Bakso ini lumayan dikenal orang. Mungkin karena lokasi warungnya yang cukup strategis. Untuk masalah rasa, lumayan lah, berada di grade 8 dari 10 lah.

mie ayam rahayu


Harga Bakso & Mie ayam Rahayu:

Mie Ayam Rp. 9.000
Bakso        Rp. 13.000
Mie Ayam-Bakso Rp. 14.000

Jam buka 7.00-16.00

7. Mie Ayam Wonogiri Bisa Ke Warung Mie Ayam & Es Asem SD 6

Kalau saya pribadi, biasa saja dengan rasa mie ayam di warung Mie Ayam Es Asem SDN 6. Tapi orang-orang yang saya kenal, begitu memfavoritkan warung mie ayam satu ini. Dan memang warung mie ayam ini selalu saja rame. Dahulu, warung mie ayam ini lokasinya berada di depan SDN 6 Wonogiri. Bergantian, kalau siang jadi warung mie ayam, kalau malam jadi warung sate Pak Kabul. Tapi semenjak perapian PKL, warung mie ayam & Es Asem SD 6 pindah lokasinya ke dekat praktek dra. Heri. Dekat dengan warung Pak Kabul yang sekarang.

mie ayam wonogiri

Yang jadi andalan warung mie ayam ini, mienya katanya bikin sendiri, plus kita bisa sekalian memesan minuman Es Asem yang sudah pasti seger.

Di warung ini hanya tersedia Mie ayam yang harganya Rp. 9.500 dan es asem Rp. 2500



8. Bakso Raksasa

Kalau sering melewati jalan Solo-Wonogiri, tentu sudah tak asing lagi dengan nama Bakso Raksasa. Dulu kalau lewat depan sini, seingat saya kelihatan baksonya memang raksasa. Tapi sekarang jadi bulatan standar. Dari semua warung bakso yang saya sebut, hanya di sini yang saya belum pernah coba. Jadi soal rasa, saya tidak tau. Tapi kata orang-orang sih lumayan enak. Mungkin kalau kamu lagi perjalanan menuju Solo dari Wonogiri, bisa dicoba mampir ke sana

Harga Bakso Raksasa
Bakso        Rp. 18.000
Mie Ayam Rp. 11.000
Bakso-mie ayam campur Rp. 18.000



9. Enaknya Bakso Telur Bakso Tenis Terminal Jatisrono

bakso tenis wonogiri

Pertama kali beli bakso di sini ketika saya SMP. Dan sekarang, kalau main ke tempat saudara yang tinggal di daerah Jatisrono, saya kerap menyempatkan diri buat jajan bakso kemari. Yang jadi kekhasan bakso tenis ini adalah bakso yang ukurannya besar, karena di dalamnya di isi telur ayam rebus. Rasanya uenak. Seporsi dapet satu bakso tenis plus 4-5 bakso kecil-kecil yang rasanya sama enaknya. Harganya pun murah untuk ukuran bakso berisi.

Harga Bakso Tenis  seporsi Rp. 10.000



Itu tadi deretan warung Bakso dan Mie Ayam Wonogiri yang saya rekomendasikan saat kamu pengen makan mie ayam di Wonogiri atau bakso di Wonogiri. Ada buanyak warung bakso dan mie ayam di Wonogiri sebetulnya. 9 rekomendasi warung Bakso dan mie ayam Wonogiri di atas hanya sebagai gambaran tempat makan bakso yang populer enak dan rata-rata sudah pernah saya coba. So, jangan takut mencoba, dan nikmati sensai petualangan rasa, “mbakso di Wonogiri”

Selain bakso dan mie ayam Wonogiri kamu bisa pula cobain kulineran Angkringan Tepi Sawah Wonogiri. Lokasi angkringannya asyik dan kekinian

Related Posts

Rekomendasi Warung Bakso & Mie Ayam Wonogiri Yang Enak dan Populer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

12 comments

Tulis comments
avatar
30 July, 2018 08:59

Harganya masih bersahabat banget ya;)

Reply
avatar
30 July, 2018 09:00

Pengen nyobain semuanya.heheh :)

Reply
avatar
30 July, 2018 09:01

Penasaran sama bakso raksasa, dilihat dari namanya pasti baksonya besar ya..

Reply
avatar
30 July, 2018 09:03

Sekalian masukin gambar makanannya dong, biar bisa lihat gimana bentuknya. heheh :)

Reply
avatar
30 July, 2018 13:04

Dewe kae mangane ning sing nomer 6 yo..?
Wonogiri mah ra nggumun akeh mie ayam enak.. Kan asale ncen seka kana.. haha

Reply
avatar
30 July, 2018 21:22

rata-rata memang murah sih mbak

Reply
avatar
30 July, 2018 21:23

dulu. sekarang sudah nggak. ukuran wajar

Reply
avatar
30 July, 2018 21:24

hahaha, nggak jepretin semua. tapi beberapa udah kutambahin gambarnya

Reply
avatar
30 July, 2018 21:25

iyog. no.6
haha, aku belum sepenuhnya yakin mie ayam ko wonogiri

Reply
avatar
03 August, 2018 22:49

La biasane ning luar daerah kan ditulisi Mie Ayam Wonogiri..

Yen mie secara umum iku budaya China..
Bumbu racikane mungkin sing asli Wonogiri pada awalnya..

Reply
avatar
04 August, 2018 07:11

Pengembangan citarasa dari budaya China gitu kali ya nyebutnya? Bukan "asal", tapi ciri khasnya yang beda. Dan mungkin koyo soto, sebenere tiap daerah punya ciri beda-beda. Contone mie ayam Jakarta. Bedo e, mienya kayak mie instan dan ayamnya pun wujude beda, tak manis, cenderung asin dan nyaris tak berkuah (yang pernah tak cobain sih gitu)

Mie ayam lebih terkenal dengan nama Wonogiri, mungkin karena wong Wonogiri paling banyak yang merantau sebagai pedagang bakso dan mie ayam, plus mungkin Mie Ayam wonogiri yang rasanya paling enak (narsis sitik, haha)

Reply

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)