Monday, March 05, 2018

Ayam Geprek Mbah So, Rekomendasi Tempat Makan Enak Di Solo

ayam geprek solo
Menu Geprek Lada Hitam di Ayam Geprek Mbah So
docpri

“Kenapa ya warung geprek itu dimana-mana selalu laris? Padahal cuma ayam tepung sama sambal aja kan? Siapa aja bisa bikin kayak gini” tanya seorang teman suatu hari. Saya juga membatin sepakat. Tapi biarpun gitu, ketika cari makan, menu geprekan kerap kali tetap jadi pilihan saya.

Gimana ya, biarpun geprekan itu cuma sesederhana ayam dan sambal, pada kenyataannya, geprekan adalah makanan yang cocok di lidah semua orang. Cocok dimakan kapan pun dan yang terakhir  pedas sambal berpadu dengan tepung dan ayam adalah sebuah kombinasi pas yang bikin nagih.

Jadi, sebagai penggemar ayam geprek, saya sumringah mendengar ada tempat makan baru di Solo yang menyajikan menu ayam geprek. Namanya “Ayam Geprek Mbah So”.

Karena biasanya ayam geprek itu ya gitu-gitu saja bentuknya, saya kira Ayam Geprek Mbah So pun nggak jauh beda. Perkiraan saya awalnya hanya ayam tepung digeprek bareng sambal bawang. Ehh, ternyata ayam geprek satu ini unik.

Ada beberapa pilihan menu yang disajikan. Sontak saya seneng saat membaca menunya. Akhirnya, ada juga tempat geprekan baru yang nggak gitu-gitu aja.

Lezatnya Ayam Geprek Mbah So

Jadi ayam geprek Mbah So ini tidak hanya ayam digeprek bareng sambal bawang, tapi ada beberapa kreasi yang membuat siapapun makin cinta sama ayam geprek.

Ada 3 pilihan sambal yang digunakan dalam menu ayam geprek ini. Yakni Sambal Bawang, sambal Matah juga lada hitam. Duhh, 3 sambal yang jadi favorit saya semua. Saking tiga-tiganya saya doyan, saya agak sedikit lama memikirkan apa yang akan saya pilih. Tapi akhirnya pilihan saya jatuh pada menu sambal matah. Pertimbangannya karena ayam geprek sambal matah kan jarang sekali ada.

Ayam geprek sambal matah buatan warung Mbah So rupanya ayam bertepung yang kemudian digeprek bareng sambal matah. Tau kan sambal matah itu apaan? Sambal matah merupakan sambal khas Bali. Sambal ini tidak dimasak dengan api. Hanya potongan cabai, bawang merah, serai, daun jeruk lalu diberi garam dan minyak kelapa. Penyajian akhir dari ayam geprek sambal matahnya Mbah So yakni penambahan potongan telur dadar tepat di atasnya.

ayam geprek mbah so
Ayam Geprek Sambal Matah
doc pri

Pas saya coba icip-icip, rasanya pun ternyata nyummy banget. Sambal matah yang merupakan sambal mentah otomatis memberikan rasa seger-seger pedas. Pas dipadukan dengan ayam kriuknya yang juga memiliki bumbu yang enak dan khas. Jumlah cabai disini pun bisa request sesuai selera, seperti dengan slogannya "level pedes sak karepmuu ---level pedes suka-suka kamu---"

“Ayam yang dipakai disini masih segar. Bukan ayam yang di kulkas,” ujar chef dari ayam geprek Mbah So.

“Kalau biasanya sajian ayam geprek itu banyak tepung sedikit ayamnya, kita nggak kayak gitu. Kalau seperti itu tepung geprek namanya,” candanya kemudian. Saya tersenyum, teringat kembali saya pernah makan geprekan yang seperti itu.

“Tepung geprek yang kami pakai bukan tepung berbumbu yang dibeli secara instan. Tepung kami merupakan kombinasi tepung terigu dan beras yang kemudian dibumbu dengan bumbu rahasia sehingga rasanya enak,” lanjutnya lagi. Mendengar penjelasannya saya ber o ria, pantas saja ayamnya rasanya nggak sperti geprekan pada umumnya.

Baca Juga




Sebagai penggemar ayam geprek, warung ini memenuhi hasrat saya banget lah buat mencicip kreasi ayam geprek di kota Solo. Jadi sekarang, saya punya alternatif pilihan makan geprekan yang nggak gitu-gitu aja.

Ayam Geprek Sambal Bawang
via misterransel.com

Selain menyajikan menu geprekan, warung ayam geprek Mbah So juga menyajikan beberapa snack camilan. Seperti carang gesing, juga beberapa gorengan. Menu minumannya pun ada cukup banyak pilihan. Yang jadi khasnya adalah minuman JKJ (Jahe, Kencur, Jeruk). Ini minuman bakalan pas banget tuh diminum sebagai penghangat di tengah hangatnya ngumpul bareng temen. Bakalan pas juga kalau diminum pas kebetulan lagi batuk.

wedang JKJ
carang gesing pisang solo
Carang Gesing
docpri
rumah makan murah solo
daftar menu
docpri


Tempat Kumpul Yang Asyik

Warung Ayam Geprek Mbah So ini berada di area rumah Seni Banjarsari. Rumah Seni Banjarsari sendiri merupakan Ruang publik dan seni. Bangunannya artisitik, dan kerap kali digunakan untuk mengadakan bedah buku maupun acara yang berbau seni.

Rumah Makan Ayam Geprek Mbah So, nyaman buat ngobrol, karena merupakan  outdoor foodcourt yang mana tiap mejanya dilingkupi dengan payung-payung. Kesan tempatnya kekinian, asyik, dan makin nyenengin karena ada koneksi wifinya.


Pas saya mau pulang, saya pesan ayam geprek Mbah So yang rasa lada hitam. Untuk kemasan pulang, bungkus dari ayam geprek ini cukup kekinian. Menggunakan kemasan kardus yang desainnya simpel dengan domisasi warna merah, mudah dibawa dan nggak malu-maluin.

makanan kardus solo
Kemasan yang dibawa pulang
docpri
Nah, kalau cari tempat makan ayam geprek di Solo yang nggak gitu-gitu aja rasanya, bisa sempatkan diri untuk cobain kemari.

Ayam Geprek Mbah So (fodd court Rumah Seni Banjarsari)
jln. syamsurizal no 10 NIAS Banjarsari, Surakarta
telp: 081215339691

Related Posts

Ayam Geprek Mbah So, Rekomendasi Tempat Makan Enak Di Solo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

9 comments

Tulis comments
avatar
06 March, 2018 10:15

Ayam gepreknya bikin ngiler, aku pingin. Hehehe.

Reply
avatar
06 March, 2018 11:01

Beberapa warung makan yang pernah saya kunjungi di Solo punya konsep yang menarik, seperti warung yang diulas di sini. Jadi, meskipun menu utamanya ayam, pasti ada berbagai menu atau cemilan lain yang dijual juga, jadi tidak melulu ayam dan keluarganya. Jadinya betah kalau ke warung atau restoran di sana, soalnya yang dipesan banyak, hehe. Gambar-gambarnya bikin lapar, euy. Apalagi yang saus lada hitamnya, haha...

Reply
avatar
06 March, 2018 15:10

Adekku tiap pulang sering bikinin ayam geprek, tapi rasanya kok ggg seenak kalo jajan...


Eh yaa,,ini bisa jadi rekomendasi kalo Nyolooo

Reply
avatar
07 March, 2018 16:34

Waiki, rekomendasi geprekan yang menarik..
Tapi hargane 15ewer ya.., sekali-kali wae lah.. hehe

Reply
avatar
25 March, 2018 22:46

mampir mbak kalau ke Solo

Reply
avatar
25 March, 2018 22:46

Hehe, mampir lah kesana kalau lagi di Solo

Reply
avatar
25 March, 2018 22:47

wekekek. marem yang jajan yak?
Yup, mampir saja kalau lagi di Solo

Reply
avatar
25 March, 2018 22:48

hihihi, iyog. sesekali musti dicoba :-D

Reply
avatar
03 April, 2018 06:21

Ayam geprek lagi trend dimana-mana ya, boleh dicoba nih kalau pas main ke Solo

Reply

Semoga yang tersaji, bisa bermakna.

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)