Thursday, December 28, 2017

10 Diantara 40 an Tempat Wisata Di Cirebon

Tak pernah terlintas di kepala saya untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Daerah itu bahkan laksana angin lalu selama ini. Sebatas sebuah daerah, yang namanya tertulis di petunjuk arah manakala perjalanan menuju Jakarta.

Sampai kemudian, sebuah alasan khusus mengharuskan saya sedikit mengenal kota Cirebon. Browsing seputar Cirebon membuat saya jadi tahu, bahwa Cirebon ternyata memiliki potensi wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Ada sekitar 40 tempat wisata di Cirebon yang membangkitkan rasa penasaran saya untuk mengunjunginya. 

Ini menarik, dari ke 40 itu, wisata Cirebon bukan sekedar wisata instagramable yang mengusung konsep ‘ikut-ikutan beken’ seperti yang banyak diusung beberapa tempat selama ini. Wisata Cirebon komplit, wisata religi ada, wisata alam ada, wisata sejarah, juga wisata buatan pun tersedia.
Lantas, apa saja tempat-tempat wisata di Cirebon tersebut? Nah di bawah ini 10 tempat wisata diantara 40 an tempat wisata Cirebon


1. Keraton Kasepuhan

kraton kasepuhan

Keraton ini berada di Lemahwungkuk Cirebon. Sebuah keraton yang dibangun oleh keturunan Sunan Gunung Jati, yakni Pangeran Mas Mochammad Arifin II. Keraton ini merupakan Keraton paling mewah di Cirebon

Singapura boleh berbangga punya patung Singa, tapi bangsa Indonesiapun juga harus bangga punya patung macan putih yang menunjukkan bahwa Kesultanan Cirebon merupakan simbol keluarga kerajaan Pajajaran. Lokasi patung ini berada di area Keraton Kasepuhan tepatnya di taman Bunderan Dewandaru.


2. Taman Sari Gua Sunyaragi

Sumber: carihargatiket.com
Taman ini masih berkaitan erat dengan sejarah Keraton Kasepuhan. Taman Sari Gua Sunyaragi merupakan sebuah taman yang dulunya ditujukan untuk tempat menyepi para Sultan dan keluarganya. Wisata Cirebon satu ini namanya berasal dari kata sunya yang memiliki artian senyap atau sepi sementara ragi artinya badan. Selaras dengan fungsinya yang memang untuk menyepi.


3. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

kolam renang cirebon


Wahana bermain milik pemkot ini dulunya bernama Taman Traffic Garden Cirebon lantas diganti menjadi Taman ade Irma Suryani yang kemudian dikembangkan menjadi Cirebon Waterland. Di tempat ini view yang bisa dilihat dan dinikmati adalah waterboom, restoran dalam kapal Cheng Ho, dermaga, Kolam arus, serta penginapan berupa cottage-cottage yang harga sewanya mencapai sejutaan per malam. Kalau melihat dari fotonya sepertinya menarik. Namun menghimpun dari berbagai sumber, tiket masukya mahal. Berkisar Rp. 50.000 hari biasa, sedangkn kalau liburan Rp. 65.000. Tapi kalau melihat dari fasilitasnya sepertinya seimbang.


4. Keraton Kanoman

wisata religi cirebon
Sumber Wikipedia
Keraton Kanoman merupakan keraton kedua yang ada di Cirebon. Keraton ini didirikan oleh Sultan Badaruddin yang memilih memisahkan diriddari Keraton Kasepuhan. Lokasi Kanoman hanya berjarak sekitar 600 meter dari Keraton Kasepuhan. Membaca-baca tentang Keraton Kanoman, ternyata Keraton ini juga menyisakan konflik kekuasaan bahkan hingga di era milenial. Tapi tetap saja Keraton ini menarik untuk dikunjungi 

5. Keraton Keprabon


Lokasinya tidak berada jauh dengan Keraton Kanoman. Keraton ini tidak seperti Keraton Kasepuhan maupun Keraton Kanoman yang memiliki arsitektur Keraton. Keprabon lebih memiliki arsitektur sebagai bangunan ndalem. Menurut sejarahnya, Keraton Keprabon didirikan oleh Pangeran Raja Adipati Keprabon yang keluar dari Keraton Kanoman. Namun beliau tidak memproklamirkan diri sebagai seorang Sultan, melainkan sebagai seseorang yang akan memperdalam ilmu agama. Darisitulah Keprabon lebih dikenal sebagai Paguron Keprabon


6. Keraton Kacirebonan

Sumber Wikipedia
Keraton ini berada 1 km dari Keraton Kasepuhan dan 500 meter dari keraton Kanoman. Keraton Kacirebonan merupakan keraton yg didirikan oleh PR. Anom Madenda yang seharusnya menjadi Sultan di Keraton Kanoman. Namun lantaran PR. Anom yang merupakan putra mahkota diasingkan Belanda ke Ambon, maka ketika kembali, atas kesepakatan keluarga beliau akhirnya mendirikan Keraton Kacirebonan.



7. Pantai Kejawanan

pantai kejawanan
Sumber: petawisata.com
Sebagai daerah pesisir utara, Cirebon juga memiliki Pantai dengan arus tenang layaknya pantai-pantai khas Laut Utara. Lokasi Pantai ini berada di Jln. Yos Sudaso Cirebon dekat dengan Pelabuhan Cirebon. 



8. Masjid Agung Sang cipta Rasa

Sumber: tripadvisor
Berada di komplek Keraton Kasepuhan Masjid ini konon merpakan masjid tertua yang ada di wilayah Cirebon. Ada yang unik dari masjid ini. Pintu gerbang masjid dibuat pendek, sehingga setiap orang yang masuk harus menunduk. Ini ditujukan sebagai simbol kesopanan dan penghormatan ketika masuk ke tempat ibadah


9. Alun-alun Kejaksan

alunalun kejaksan
Sumber: metrotvnews
Berwisata ke Cirebon bisa mendatangi Alun-alun Kejaksan. Seperti halnya alun-alun di tempat lain, alun-alun Kejaksan kerapkali difungsikan sebagai tempat bersantai untuk mencari kulineran. 


10. Masjid Panjunan


wisata religi panjunan



Masjid Panjunan adalah sebuah masjid yang bangunannya di dominasi oleh warna merah bata. Konon masjid ini merupakan masjid yang didirikan hanya dalam waktu semalam. Lokasi masjid Panjunan berada di kampung Panjunan, sebuah kampung pembuat jun atau keramik porselen.



Itu tadi 10 diantara 40 an wisata di Cirebon. Masih banyak lagi sebenarnya. Tapi menuliskan 10 saja sudah menghabiskan waktu saya berjam-jam lamanya saking banyaknya wisata di Cirebon yang erat kaitannya dengan sejarah. Dan cerita sejarah selalu menarik untuk ditelusuri. Pada akhirnya, waktu saya habis terlarut dalam bacaan-bacaan mengenai ragam sejarah Cirebon. Hihi, yahhh kapan-kapan saya sepertinya harus ke Cirebon. Mungkin nanti saya bisa mencari penginapan dengan harga miring di sana.

Hotel Yang Murah Di Kota Cirebon Saat Wisata di Cirebon


Penginapan dengan harga miring selalu menjadi incaran saya kalau sedang pergi ke suatu tempat. Yahh prinsip saya tujuan piknik adalah bukan untuk tidur, jadi mau tidur dimana itu bukanlah suatu masalah, selama tentu saja : tempatanya aman. Iyalah, saya kan perempuan.

Karena itu, selama pergi bukan dana dan non fasilitas sponsored, kalau nyari Hotel ya yang murah saja ^^. 

Nah, kalau nyari Hotel yang murah, biasanya booking di AiryRooms bisa dilakukan. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki Airy Rooms yaitu:

1. Alasan pertama jelas karena hotel AiryRooms itu murah, 
2. Jaringan Airy Rooms merupakan jaringan hotel dan guest house terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak.
3. Penting lagi karena fasilitasnya oke (memiliki 7 jaminan fasilitas di setiap kamar : AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur bersih, shower air hangat, air minum gratis, dan WiFi gratis).
4. Bisa dipesan melalui website, Android Apps daniOS Apps.
5. Untuk pembayaran flexible, bisa bayar lewat bank transfer dan juga kartu kredit.
6. Dan yang pasti, hotelnya mudah ditemukan.

Yahh, semoga nanti kapan-kapan bisa main-main ke Cirebon lantas mengunjugi satu persatu wisata di Cirebon dan menelusuri jejak perkembangan Islam di Kota Udang itu


Label: Sponsored Post


Related Posts

10 Diantara 40 an Tempat Wisata Di Cirebon
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 comments

Tulis comments
avatar
29 December, 2017 19:19

Saya pilih pantainya, suka keceh soalnya, mainan air.

Reply
avatar
29 December, 2017 20:08

Langsung cuss cirebon habis ini 😂

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)