Saturday, May 06, 2017

Wisata Halal Karena Hidup Itu Hakikatnya Adalah Perjalanan

Manusia di bumi itu ibaratnya hanya mampir ngombe

Kata-kata bijak tersebut maknanya cukup dalam. Dunia hanya sementara dan akhirat nanti kehidupannya jauh lebih kekal.

ilustrated by: lihat.co.id
“Da, Da, kalau kamu mati malaikat nggak akan tanya negara mana saja yang pernah kamu datangi? Gunung-gunung mana yang pernah kamu daki? Serta lautan mana saja yang berhasil kamu sebrangi?” komentar seorang teman suatu hari. Saya beruntung memiliki teman yang kerap mengingatkan saya semacam ini.


Ya, saya tahu. Malaikat tidak akan menanyakan itu.

Tapi sepemahaman saya sebagai muslim, tak pernah ada larangan juga untuk menjelajah. Justru Rasulullah sendiri memberikan contoh penjelajahannya dalam berdagang. Juga Imam Bukhori memberi tauladan tentang sebuah perjalanan.

“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan” QS. Al- Mulk 15.

Dia yang di atas, yang menciptakan bumi begitu luas, berbangsa-bangsa, bersuku-suku, beraneka kekayaan alam yang berbeda-beda di setiap wilayah, memerintahkan sendiri kita untuk menjelajah. Tapi tentunya, penjelajahan tidak hanya sekedar perjalanan. Bukan sekedar bersenang-senang. Dan tentunya, bukan sekedar perjalanan, yang justru membuat kita melupakannNya. Karna bukan tentang daerah atau negara mana yang kita datangi yang jadi pertanyaan ketika di akhirat kelak, tapi tentang apa yang telah kita lakukan di daerah atau Negara tersebut.


Dulu, saya pernah menuliskan di blog ini kalau saya punya mimpi ke Jepang. Walau sampai detik ini mimpi itu masih menjadi semacam angan kosong, karna saya sendiri belum tahu bagaimana menggapainya. Tapi dalam angan saya, saya sudah memiliki beberapa planning tentang apa yang akan saya lakukan di sana.

Namun saya sangat paham, Jepang adalah Negara yang muslimnya minoritas. Jadi memang sangat beresiko apabila ke sana dengan kemampuan bahasa Jepang yang nyaris nol. Salah satu kesusahan yang mungkin dialami adalah susah untuk menanyakan apakah makanan yang kita beli mengandung bahan-bahan yang diharamkan atau tidak.

halal tidak



MUI sendiri sudah mengeluarkan fatwa tentang wisata Halal. Karena itulah memilih agen wisata halal cukup menjadi pertimbangan penting kalau menurut saya. Jadi lucu saja kalau seandainya melakukan traveling tapi apa yang kita lakukan melanggar perintahNya. Tapi dengan memilih agen wisata halal, rasanya menjauhi segala laranganNya ketika sedang traveling, jadi lebih bisa diupayakan.



Saya cukup gembira mengetahui Cheria Travel menyediakan Paket Tour Halal Jepang. Di sini Cheria Travel bekerjasama dengan tour  operator Jepang yang telah memperoleh sertifikasi dan mendapat pengawasan dari Japan Halal Association hingga terwujudlah pelaksanaan tur yang dilakukan sesuai syariah. Yeah, bisalah nanti kalau ke Jepang menggunakan travel ini.

cheria travel


Sebagai agen wisata halal, Cheria Travel memperhatikan menu makanan halal dan memperhatikan waktu sholat dalam setiap program turnya walau negri-negri yang dikunjungi nanti adalah negri-negri dimana muslim menjadi minoritas.

Inilah yang menarik, Cheria Halal Holiday menyediakan banyak pilihan Paket Tour Halal, yang nggak cuma dalam negri. Tapi juga luar negri yang nggak cuma Jepang, tapi juga ada Negara lain. Seperti Paket Tour Wisata Halal Beijing, Paket Tour Wisata Halal Shanghai, Paket Tour Wisata Halal Hongkong, Paket Tour Wisata Halal Korea Selatan, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang Cheria Wisata adalah Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia



“Lebaran pulang kan?” tanya saya pada kakak saya beberapa waktu lalu. Lebaran menjadi tradisi spesial yang dirindukan. Sebuah momen dimana keluarga dari berbagai handai taulan berkumpul. Dan kalau sudah membahas lebaran yang kurang lebih sebulanan lagi, pikiran saya pasti tertuju pada agenda liburan lebaran.

Terkadang terlintas di benak saya untuk liburan bareng keluarga pas lebaran ke tempat-tempat jauh. Ke Jepang, Eropa, layaknya borjuis-borjuis #halah. Tapi yah, jangankan sampai sana-sana, kalau kebiasaan keluarga kami, liburan lebaran ya pasti cuma pergi ke tempat yang dekat-dekat saja. Menuntaskan rindu para anggota keluarga rantau akan tanah kelahiran. Jadi ya masih seputaran Wonogiri, kalau nggak, agak jauhan paling ke Jogja atau Pacitan. Terbatasnya waktu bertemu, serta waktu libur yang seringnya sama hanya saat lebaran, yang cuma 3-5 hari, menjadi alasan kuat untuk kami berpasrah menerima kebersamaan yang kadang hanya di situ-situ saja.

Tapi mungkin suatu hari jika ternyata ada waktu yang benar-benar longgar, uang yang benar-benar banyak, entah waktu liburan lebaran, tahun baru atau juga libur-libur yang lain, tampaknya Cheria Travel menjadi travel yang harus saya pilih untuk mengantar saya dan keluarga bersenang-senang menikmati waktu bersama. Dengan pertimbangan waktu yang sayang dilewatkan, maka rasanya menyerahkan segala urusan perencanaan itenary, dan sebagainya kepada ahli yang jauh lebih berpengalaman seperti Cheria Halal Holiday, bakalan membuat liburan menjadi lebih tenang. Jadi kami bisa lebih fokus menghabiskan kebersamaan tanpa beban harus bagaimana-bagaimana. Karena semua sudah dipikirkan travel.

Sejauh ini, berbeda dengan liburan keluarga kami yang lebih sering di situ-situ saja. Kalau liburan akhir tahun / tahun baru , biasanya saya cenderung berlibur bareng teman. Jadi ya tujuannya pasti tempat-tempat yang agak jauhan.

Seberapapun jauh kita pergi, pada akhirnya kita akan kembali pulang ke rumah. Yeah, hidup itu seperti perjalanan. Pada akhirnya, "pulang" adalah tujuan yang sebenarnya.

Saya lupa dapat dari mana kata-kata semacam itu. Tapi dari kata-kata itu saya mencoba belajar bahwa selama traveling jangan cuma hore-hore. Walau kadang susah apalagi ketika pergi bersama orang yang tak sepaham, tapi menjadi pejalan halal: pejalan yang mempedulikan hubungan dengan Tuhan dan Hubungan dengan manusia, adalah salah satu hal yang harus diupayakan. Wisata Halal, memilih agen travel halal menjadi hal yang teramat penting untuk dilakukan.

Nah ketika sudah melakukan perjalanan nanti, kata para traveling kece:

pekakan semua indera, amati semua, ambil pelajaran, kenali orang-orang yang kita temui dan yang pasti nikmati perjalanan itu.




*artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Artikel Cheria Halal Holiday

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata


Related Posts

Wisata Halal Karena Hidup Itu Hakikatnya Adalah Perjalanan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

34 comments

Tulis comments
avatar
08 May, 2017 01:29

Bener sekali mas, makanan halal itu memang penting sekali bagi umat muslim

Reply
avatar
08 May, 2017 01:52

Klo ke Wonogiri pasti kangen bakso dan sosis khasnya. Soalnya rasanya beda sm yg di Jakarta

Reply
avatar
08 May, 2017 07:59

Satu hal yg jadi pertimbangan ke ketika berwisata itu adakah makanan halal di tempat yg kita kunjungi?
Wisata halal tentu membantu wisatawan muslim yg gemar travelling

Reply
avatar
08 May, 2017 08:02

Yang penting halaaaaaal

Reply
avatar
08 May, 2017 08:02

Gambarmu keren... Sumpah, ngingetin ama karikatur di koran hihihi. Semoga bisa segera ke Jepaang sama travel Cheria ✌

Reply
avatar
08 May, 2017 08:12

Aku juga ingin ke Jepang, Mbak.Barengan yuk.

Reply
avatar
08 May, 2017 08:55

Tadi malam aq sdh ke Jepang, sayang terus terbangun. Eh trnyt cm mimpi. 😂

Reply
avatar
08 May, 2017 09:17

Yap. Karna apa yang kita makan bakal sangat berpengaruh buat hidup kita :D
Btw. Saya mbak bukan mas.hehe

Reply
avatar
08 May, 2017 09:18

Sosis?? Emang ada sosis khas wonogiri ya. Hehe saya malah baru tahu. Kalau bakso sih iya. Memang khas

Reply
avatar
08 May, 2017 09:23

Iya mbak. Dan program wisata halal ini potensial sekali menjaga para muslim agar tetap nyaman saat jalan-jalan

Reply
avatar
08 May, 2017 09:24

Tsaaahhhhh
😂😂😂

Reply
avatar
08 May, 2017 09:25

Hihi suwun yo mbak. Amin...

Reply
avatar
08 May, 2017 09:26

Hayuk mbak rame2 kesono :D moga kesampaian yak

Reply
avatar
08 May, 2017 09:27

Saking pengennya sering tuh kayak gini 😂😂

Reply
avatar
08 May, 2017 09:38

Desa sebelahku ono sing jeneng e Japan-an. Apakah aku harus ikut paket wisata halal? Hmmm... boleh juga. Etapi travelling sendiri sama enggak pake paket gitu jatuhnya enak mana ya mbak? Boleh sekali-kali dibahas ki...

Reply
avatar
08 May, 2017 09:45

Wuih enak ya punya kampung jadi bisa mudik,
akumah ga punya kampung wk jadi ga bisa ngerasain sensasi seru melepas kangen ke keluarga :)

Reply
avatar
08 May, 2017 15:06

Mosok mas? Di kalimantan sana?
Enakan mana, yo tergantung mas. Masing2 ada kelebihan kekurangan. Enake kalo pake paket kan nggak terlalu mikir ini itu. Sudah diurusi travelnya

Reply
avatar
08 May, 2017 15:10

Iya mas, ada yg dikangenin itu seru. Haha.
Kalo ga punya kampung halaman traveling aja ke pelosok2. Nanti temukan orang2 baik di sana. Terus kalo lebaran main aja ke sana. Anggap jadi keluarga sendiri 😁

Reply
avatar
08 May, 2017 15:15

Kedip-kedipin "Paket Tour Wisata Halal Korea Selatan"

Reply
avatar
08 May, 2017 20:13

He itu nggambar dewe mbak? Apik ig hehe
Semoga menang :)

Reply
avatar
08 May, 2017 23:45

moga kita ada rejeki juga buat kesana ya. ahahaha :D

Reply
avatar
08 May, 2017 23:47

iya mas. hehe, suwun. Amin... aminnn

Reply
avatar
09 May, 2017 15:02

Ilustrasi-ilustrasinya keren :)
Semoga beruntung ya Mbak, biar berkah perjalanannya kalau serba halal hehe :)

Reply
avatar
10 May, 2017 12:31

Asyik juga tuh kalo udah terjamin kehalalannya, terutama makanan sih.
Kadang suka khawatir saat makan di daerah non muslim gitu.

Reply
avatar
10 May, 2017 18:53

Setuju sekali :-)
kalau yang kita makan Halal juga baik untuk tubuh..

Reply
avatar
11 May, 2017 04:32

jika memiliki rezeki, umur dan waktu saya juga mau menjelajah menyaksikan segala ciptaanNya

Reply
avatar
11 May, 2017 11:42

iya. yang pasti jauh lebih nyamn kalau kehalalannya udah pasti

Reply
avatar
11 May, 2017 11:46

amin mbak... Moga diberi kelancaran rezeki, n kesehatan selalu biar bisa jelajah :)

Reply
avatar
12 May, 2017 10:43

tempo lalu kita ikutan lomba yang hadiah ke jepang dan belum berhasil.. semoga bisa ke Jepang yaaa ... eh tapi kita harus jumpa dulu di Pulau Weh nih :p sama-sama berjuang!

Reply
avatar
18 May, 2017 05:43

Amin kohh. Pengen kopdar ma blogger hits saya :D #bahagiaitusederhana

Reply
avatar
23 May, 2017 22:57

Wkwkwk ngakaks, ini cuma yang penting komen kayaknya tu mas andi hakim. Salam kenal mbak aida

Reply
avatar
04 June, 2017 17:02

kayaknya wisata halal lagi ngetrend ya mbak

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)