Tuesday, November 15, 2016

Serabi Noto Dewe, Varian Baru Oleh-Oleh Serabi Solo

Membicarakan oleh-oleh Solo, rasanya serabi bakalan menjadi penganan yang tak mungkin dilupakan untuk disebut. Serabi, terutama Serabi Notosuman menjadi oleh-oleh paling khas yang sama sekali tak boleh terlewat kalau kaki hendak melangkah meninggalkan Solo.
Walaupun Notosuman terkenal sebagai ‘Mbahe Serabi’ tetapi serabi Solo sebenarnya tidak hanya ada di Notosuman. Deretan sepanjang Slamet Riyadi, Pasar-pasar kota Solo, merupakan tempat-tempat lain dimana kita bisa menemukan serabi. Setelah beberapa waktu lalu, dunia perserabian diwarnai pendatang baru Serabi H. Oemar yang lokasinya berdekatan dengan Serabi Notosuman, yang bahkan cabangnya sudah ada di daerah Gentan, kini dunia perserabian  kembali diwarnai oleh pendatang baru.
“Serabi Noto Dewe”
Pertama kali mendengar namanya saya terkekeh geli. Kok ya aneh-anehmen milih nama.
Well, tapi justru inilah yang paling membuatnya unik. Sekaligus hal yang membuat saya sendiri mendatangi lokasi tersebut #Penasaran.
Serabi Noto Dewe, lokasinya berada di pinggir jalan Kartasuro, dekat dengan toko Relasi. Tepatnya di Jln. Ahmad Yani No. 362.

Serabi Noto Dewe


Penampakan outlet serabi ini layaknya lokasi penjualan serabi yang lain. Deretan wajan kecil tempat memasak serabi berjajar di depannya. Sehingga kita bisa melihat langsung bagaimana proses memasak si serabi.



Pembuatan Serabi Solo Serabi Noto DeweSerabi Noto Dewe serabi selain notosuman
“Ini kalau saya minta serabinya digulung juga bisa, Mas?” tanya saya pada si penjual. Rasanya serabi gulung itu kesannya lebih elegan. Seperti halnya yang dilakukan Serabi Notosuman.
“Bisa, Mbak,”
“Yang nggulung jenengan, Mas?” tanya saya.
Mas penjual sempat mengernyit aneh, tapi lantas tersenyum. Mungkin, pertanyaan saya pagi itu terdengar bodoh buatnya. Hehe.
“Iya dong, Mbak,” jawabnya kemudian.
“Saya kirakan karena namanya ‘Noto Dewe’ (nata sendiri), makanya nanti saya sendiri yang harus nggulung, Mas” ujar saya sekenanya. Mas penjual terkekeh.
Sebagai pemain baru, serabi Noto Dewe menyajikan serabi dengan harga yang bisa dibilang murah. 1 kardus serabi original isi 10, dihargai Rp. 15.000. Sedangkan jika dicampur dengan coklat harganya Rp. 17.500.

Harga Seraabi Solo Serabi Noto Dewe

Masalah rasa, jangan ditanya. Serabi Noto Dewe memiliki takaran rasa yang pas. Manisnya pas, nggak bikin neg. Enaklah pokoknya. Mungkin ini lantaran si penjual dulunya adalah mantan pemasak serabi di Serabi Notosuman, yang kini memilih mandiri. Maka tak heran, bentuk serabi pun dari 10 yang saya beli dan saya amati, terkesan sempurna. Nggak ada yang mblenyek belum matang, ataupun bagian tepung yang masih utuh.

Nah, Serabi ini bisa dinikmati dengan mengunjungi tokonya di:

Serabi Noto Dewe
Jln. Ahmad Yani No. 362. Makam Haji, Kartasuro
Telp: 081227227332



Related Posts

Serabi Noto Dewe, Varian Baru Oleh-Oleh Serabi Solo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

15 comments

Tulis comments
avatar
15 November, 2016 15:36

Jenenge unik mba notodewe. Saya suka srabi Solo, lembut soale.

Reply
avatar
15 November, 2016 18:09

Unik namanya
Sm mak Ety..sy juga sk srabi Solo

Reply
avatar
15 November, 2016 18:17

Beruntung ya bu gak disuruh noto dewe :D, serabi noto dewe buka jam berapa ya bu?

Reply
avatar
15 November, 2016 20:51

Waaa.. Aku juga sempet tertarik buat nyoba srabi notodewe ini mba. Aku liat nya di deket paparons nya solo tapi, persis disamping gang setelah notosuman. Hahaha. Mau coba beli ahhh

Reply
avatar
15 November, 2016 22:32

Lucu amat namanya😂 kirain bisa bebas bikin sendiri plus pilih2 toppingnya 😝

Kapan2 mau nyobain aah

Reply
avatar
16 November, 2016 08:48

wkwkwk namanya unik, mungkin setelah ini ada serabi noto boto :D

Reply
avatar
17 November, 2016 13:14

wealah kalau ini deket, hampir tiap hari lewat saya mbak :) jenengen lucu, mending srabi jupuk dewe wae

Reply
avatar
18 November, 2016 14:14

Woh iya serabi Solo juga mantap mbak. Kapan-kapan saya juga mo mbahas itu ahh

Reply
avatar
18 November, 2016 14:15

Wah, banyak yang suka rupanya

Reply
avatar
18 November, 2016 14:16

Buka antara jam 8 pagi sampai jam 8 malam pak lukman. Nanti kalau pak lukman beli juga boleh kok bantuin nata :-D

Reply
avatar
18 November, 2016 14:20

lho, disana ada juga tho? Setahuku Serabi Noto Dewe cuma ada di Kartasuro ini, Pedan, sama Bekonang ki

Reply
avatar
18 November, 2016 14:21

wkwkwk bisa jadi. Ide bagus itu

Reply
avatar
18 November, 2016 14:22

wkwkwk. jupuk dewe lan rasah bayar. Asik lagi itu pak

Reply
avatar
19 November, 2016 08:40

Hampir sama kaya apem tampilannya. :D Pengen nyobain gurihnya

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)