Saturday, November 05, 2016

Gold Coast, Queensland, Ada Apa Di Sana?

Mau kemana liburan musim panas taun depan?
Wikikik, kalau saya ditanya mau kemana saya mau jawab Australia.
Heee?? Beneran???
Ya, kalau menang lah.
Wikikikik.
Membicarakan Australia itu membuat saya inget cerita temen yang katanya dulu semasa ia kuliah di Malaisya, ketika liburan kampus tiba, ia pergi nyari kerja sampingan ke Australia. Liburan kampusnya yang waktunya sampai 3 bulan ia pakai buat kerja menjadi tukang petik apel di Australia sana. Hasilnya?
Hasilnya, ia bilang, lumayan. Lumayan buat ia pakai keliling negara-negara Asia. Ajib! Saya Cuma bisa geleng-geleng kepala mendengarnya.
Itu sih temen saya. Yang menjadikan Australia negri sumber uang sakunya buat jelajah. Tapi kalau saya, saya inginnya ke Australia murni buat jalan-jalan saja. Hehe.
Adalah Gold Coast, Queensland. Ini kota di Australia yang cukup menarik perhatian saya. Kota di sebelah timur negara bagian Queensland ini menghadirkan wisata alam yang berpadu dengan kemodernan suatu negara. Berkunjung ke sini, tentu bakalan menjadi hal yang tak bakal terlupakan. 
Memangnya di sana ada apaan?

Jadi gini, saya itu pernah search tentang kota di negara bagian Australia ini. Hasil searching itu membuat saya mupeng berat pengen wisata ke Australia. Nah, kalau saya diberi kesempatan ke Gold Coast, Queensland, ada beberapa hal yang pengen saya lakukan, diantaranya:

Ke Goa Jomblang-nya Negara Australia

Goa Jomblang? Itu kan di Jogja?
Yup. Goa Jomblang memang di Jogja, tapi di Australia, juga ada penampakan goa seperti Goa Jomblang. Sebenarnya, ini agak berbeda dengan goa Jomblang di Jogjakarta. Tapi saya memiripkannya, karna foto goa di kawasan taman nasional Springbrook ini sama-sama menghadirkan sorot cahaya pada lubang gua seperti halnya goa Jomblang Jogja. Coba liat gambar di bawah! Keren kan?

Taman Nasional Springbrook
(Sumber:https://www.aussiespecialist.com/)

Taman Nasional Springbrook merupakan kawasan hujan hutan subtropis dengan luas 60 kilometer persegi. Kawasan asri dengan spot ternamanya Natural Bridge, tempat dimana formasi batuan cantik yang terbentuk terjadi karena air terjun yang mengikis atap gua. Melongok ke goa ini, atau mungkin foto di antara sorot mentari yang masuk ke dalam mulut gua kayaknya bakalan oke tuh.

Membungkuk Ngeliat Paus Bungkuk

Ketika bulan Mei sampai Oktober, Queensland mempunyai atraksi alam yang cukup memukau. Ribuan paus bungkuk bermigrasi dari Antartika menuju pesisir Australia. Untuk melihat atraksi ini, kita bisa melihatnya dari berbagai bukit. Seperti : Kirra Hills, Currumbin Rocks, atau Tumgun Lookout di Burleigh Heads National Park. Juga nih, kita bisa melihatnya sambil membungkuk, melongok dari hotel tempat kita tinggal. Tentunya, hotel-hotel yang berada di pesisir pantai. Karena paus-paus ini suka mendekat sampai ke arah pantai. Jadi asik banget kan, kalau misalnya malas keluar kamar, tapi terus ngefreshin pikiran dengan melihat atraksi fenomenal kehadiran para paus ini. Wahh.

Paus Bungkuk
Paus Bungkuk
(Sumber : http://thechronicleherald.ca/opinion/1170347-what-legislators-could-learn-from-whale-watching)

Kalau ke sini pas diluar Mei-Oktober walaupun mungkin nanti tidak musim paus, tentunya view dari bukit-bukit tadi tetep bakal indah. Nontonin pantai Australi dari atas hotel juga bakalan tetep kece. Secara, jarang-jarang kan bisa main-main tour ke Australia.

Keceh di Dreamworld, Tempat Keceh Berskala Internasional

Watepark di Australia skalanya sudah internasional. Iyalah, Australia kan memang negara maju, tak mengherankan kalau tempat-tempat di sana berskala internasional. Karena Gold Coast itu kalau umpama di kartun avatar the legend of Ang, ibaratnya kota ini kota asalanya katara. Kota dengan elemen air yang kuat. Makanya, kalau ke kota ini tanpa menikmati waterparknya yang aduhai keren, rasanya kok bakalan ada yang kurang.
Dreamworld, dalam bahasa Indonesia artinya dunia impian. Yap, rasa-rasanya tempat ini memang dibangun dengan nuansa mimpi, yang sekaligus menjadikan para wisatawan kota impian buat didatangi kalau jalan-jalan wisata ke Australia.
Nah, di dreamworld kita bisa enjoy banget berwisata. Secara, kita bisa ke tiger island, ataupun nontonin binatang-binatang Australia di bagian Australia Wildlife Experience. Australia Wildlife Experience sendiri, adalah tempat dimana menjadi lokasi konservasi yang koleksi hewan Australianya paling banyak di wilayah South East Queensland. Selain itu, Dreamworld yang bekerjasama dengan rumah produksi film kartun seperti Nickelodeon, dan Big Brother, membuat kita berasa benar-benar masuk ke dalam film kartun. Wuihh, the real dreamworld.
Paling saya inginkan dan impikan tentu saja, keceh di wahana-wahana air yang ada di dreamworld. Salah satunya, saya pengen banget nyobain Flowrider permainan yang merupakan kombinasi sempurna antara berselancar, skateboard, dan body board. Yeah.

The Bro- Eight Lane Octopus Racer
The Bro- Eight Lane Octopus Racer
(Sumber: http://www.getinthehotspot.com/gold-coast-queensland-australia/)

Juga, bakalan asik ke waterparknya Dreamworld, yakni di White Water World. Waterparknya ini berskala internasional. Nah, yang paling saya inginkan itu adalah meluncur di "The Bro- Eight Lane Octopus Racer”. Ini merupakan wahana berbentuk gurita dimana nanti kita akan meluncur dari tentakelnya yang ketinggiannya 16 meter, dan panjang track 120 meter, plus kecepatan rata-rata per orang 50 km/jam. Wow bnget kan? Kebayang betapa serunya.

Meniti Jembatan Gantung di Tree Top Walkway

O’Reilly Tree Top Walk
(Sumber: https://www.yha.com.au/)
Terletak di jantung Taman Nasional Lamington, terdapat sebuah tempat bernama O’Reilly Rainforest. Sebuah hutan hujan alami yang terkenal dengan jembatan gantungnya “O’Reilly Tree Top Walk”. Jembatan gantung ini panjangnya sampai 180 meter, dan ketinggiannya dari atas tanah adalah sekitar 20 meter. Serunya lagi, sembari meniti, kita bisa sekalian melihat view hutan yang asri, dan aneka ragam burung dari lokasi ini. Kalau snorkling ke laut kita bisa ngasih makan ikan, maka kalau ke sini, kitapun bisa ngasih makan burung. Caranya, dengan membeli makanan seharga $4(kalau belum berubah ) letakkan makanan di bagian-bagian tubuh kita, lantas tunggu saja burung-burung itu menghampiri. Hihihi, sedikit serem. Well, di sini ada sekitar 230 an spesies burung. Surga banget tuh buat para bird mania di seluruh dunia.

Meluk Koala Terus Poto

Yeah, sebagai seorang perempuan, saya suka yang imut-imut. Termasuk, sama binatang bernama koala. Seumur hidup, saya belum pernah tuh yang namanya megang koala. Nah, kalau tour ke Australia, ada sebuah tempat bernama Currumbin Wildlife Sanctuary.

Koala
(Sumber: http://www.hotair.com.au/goldcoast/tours/currumbin-wildlife-sanctuary-hot-air-balloon.html)

Tempat ini, adalah tempat dimana kita bisa ketemu para koala yang diselematkan karena digigit anjing, ketabrak mobil ataupun hal lainnya, yang nanti ketika sembuh bakalan dikembalikan lagi ke alam liar. Koala-koala di sini aktivitasnya macam-macam, ada yang duduk-duduk bermalas-malasan di atas pohon, melompat-lompat, atau jalan-jalan imut di atas tanah. Uhh, dari gambar-gambar yang tersebar di internet keliatan imut-imut sekali.
Saat kita traveling ke Australia dan mampir ke Currumbin Wildlife Sanctuary, kita akan diijinkan untuk meluk si koala-koala imut ini. Nantinya, setelah didaftar, kita akan diarahkan bagaimana caranya meluk si koala ini. Habis dipeluk tentu saja tak lupa kamera dijepretkan!
Cekrikkk!
 Asikkk!

Icip-icip Kuliner Negri Kanguru

Australia, adalah negara yang multikultural. Negara ini banyak dipengaruhi oleh budaya dari Asia, Eropa dan Amerika. Tapi, di Australia tetep punya makanan khas, walaupun rata-rata makanan di negri ini bermacam-macam seperti halnya penduduk di negri ini.
Ada dua makanan yang ingin saya icipin andaikan saya ke Gold Coast. Makanan itu adalah:
Lamington

Kue Lamington
(Sumber: http://www.shutterstock.com/pic-109697687/stock-photo-australian-lamingtons.html?src=9qmjzNtVOYqGdrCumVdxIw-1-3)

Lamington adalah roti berbentuk kubus yang bagian luarnya diselimuti dengan coklat tipis dan kelapa parut yang isinya bisa krim maupun selai. Roti ini berasal dari Australia yang dipercaya ditemukan oleh Lord Lamington, gubernur ke delapan dari kota Queensland secara tak sengaja. Ceritanya, ketika sedang mencairkan coklat, secara tak sengaja pelayan Lord Lamington menjatuhkan bolu ke dalam coklatnya. Guna mencegah coklat melekat di tangan, Lord Lamington lantas meletakkan bolu penuh coklat tadi ke parutan kelapa. Hasilnya, Lord Lamington menemukan kue dengan rasa yang justru enak dan unik.
Kue Lamington ini banyak di jual di toko-toko Australia. Nampaknya mencicip roti ini adalah hal yang wajib yang tak boleh sampai terlewatkan.

Ice Cream Gelato

Gelato Es Krim Messina

Goald Coast banyak sekali tempat penjual es krim gelato yang bisa kita icip-icip. Ada Gelato Messina, Tuckshop Goods, Cocowip, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tapi yang paling terkenal di Gold Coast adalah es krim Gelato Messina. Es krim ini merupakan dewanya es krim gelato di Gold Coast dan merupakan es krim dengan penjualan terbaik. Jalan-jalan musim panas di Australia, sembari icip-icip es krim khas negri kanguru ini, tentu manisnya bakal kerasa sampai tulang-tulang. Uhhh

Terbang ke Australia

Australia negara yang klau di peta letaknya terlihat dekat dari Indonesia. Yeah, tapi itu kan di peta. Kenyataanya, Australia itu jauh. Untuk menuju ke sana, naik pesawat adalah salah satu akses/transportasi yang bisa kita pilih. Jalan-jalan ke luar negri pastilah paling enak kalau menggunakan travel. Iyalah, tinggal terima beres, liburan pun kenyamanannya bakalan terjamin. Banyak sih yang bisa kita pilih. HIS Travel adalah salah satunya.
Kalau membuka websitenya, HIS menyediakan banyak sekali pilihan yang nggak hanya ke Australia, tapi juga negara-negara lain. Jaringannya yang sudah berskala internasional ini, nampaknya tak akan membuat kita ragu untuk memilihnya. Lagian, ragam pilihannya buat ke Australia cukup komplit, cabangnya pun banyak tersebar di berbagai lokasi.

Well, kelihatannya bakalan asik travel ini nantinya jadi pilihan nganterin saya jalan-jalan ke Australia. Nikmatin musim panas di Gold Coast, Queensland. Wuiihhh, Mantap!


*Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba HIS Travel Kawai Beauty Japan. Informasi selengkapnya atau pendaftaran, bisa klik di banner di bawah:


Atau silahkan kunjungi facebook HIS Travel:

Related Posts

Gold Coast, Queensland, Ada Apa Di Sana?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

26 comments

Tulis comments
avatar
06 November, 2016 08:30

wahh asik yaaa kalau jadi liburan kesana..

Reply
avatar
06 November, 2016 11:32

Semoga jadi jalan-jalan ke Queensland ya mbaaa

Reply
avatar
06 November, 2016 11:35

aku pingin banget ke australia...gendong koala...yg pasti ke taman nasional springbrook cantik banget

Reply
avatar
06 November, 2016 11:41

Amin ya. semoga bisa. hehe

Reply
avatar
06 November, 2016 11:46

hehe. banyak hal asik yang bisa dilakukan di Gold Coast, nggendong kola imut salah satunya^^

Reply
avatar
06 November, 2016 13:10

Nek menang mbok aku dijak.kan pengin liat koala sama kanguru..qeqeqe

Reply
avatar
06 November, 2016 13:35

Besok kl jd kesana, jangan lupa bawain oleh2 kue lamingtonnya y mbak...😋

Reply
avatar
06 November, 2016 17:10

Ayo mbak ikutan wae lombanya. Sopo reti malah kita kesana berdua. hihihi

Reply
avatar
06 November, 2016 17:11

Siap banget mbak. Kue Lamington, jadi sasaran oleh-oleh yang tak boleh kelewat pokoknya :-D

Reply
avatar
06 November, 2016 21:28

kue lamingtonnya keliatan enak mbak :D

Reply
avatar
07 November, 2016 00:00

Ahhh asik semua destinasi yang pingin didatengin nya mba. Tertarik sama jalan di jembatan atas pohon nya. Hahaha. Btw, lamington itu enak looohhh 😍

Reply
avatar
07 November, 2016 09:22

Asyik ..mba Aida dah ngajak Uti jalan2 ke Aussy .ngarep bisa kesana sama Akung.. nabung dulu atau nunggu dpt gratisan.

Reply
avatar
08 November, 2016 17:36

Kawaiiii....keren bingit australi. Jadi mupeng juga

Reply
avatar
08 November, 2016 23:48

Sekilas taman nasional springbrook kaya gua pindul ya mbak

Reply
avatar
09 November, 2016 12:15

Huum. Saya juga pengen :-D

Reply
avatar
09 November, 2016 12:16

Iyakah mbak? Wahhh, mbak Helma udah pernah ya? kalau dapet lagi. Caling2 ya mbak^^

Reply
avatar
09 November, 2016 12:18

Semoga ya Ti, kita bisa dapet banyak rejeki buat ke sana. Amin

Reply
avatar
09 November, 2016 12:19

Wekekek. Menggigitlah sebelum digigit. Mosok yo wedhi mas :-D

Reply
avatar
09 November, 2016 12:20

Gold Coast Queensland memang jos mbak

Reply
avatar
09 November, 2016 12:21

Nah loh, malah goa pindul. hahaha

Reply
avatar
13 November, 2016 20:24

Pernah baca tentang Aussie ini di dalamnya pasti ada Gold Coast dan Queensland. Asli emang keren banget. Mupeng. Beberapa kali juga lihat postingan teman di IG yang ke Quensland huhuu
Good luck ya mbak ^^

Reply
avatar
21 November, 2016 11:33

Gold Coast Queensland serius bikin mupeng :-D. Thx Mbak Rani

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)