Saturday, October 29, 2016

Membatalkan Tiket Kereta Dari Stasiun Solo

Rencana kita boleh saja muluk-muluk. Tapi pada akhirnya, Yang Di Ataslah sebaik-baik Sang Penentu.
Yeah, beberapa waktu lalu saya baru saja mengalami kondisi gagal ngetrip. Rencana main ke Sukabumi bareng Antin, blogger yang menemani ke Soko Gunung kemarin, harus batal gara-gara kecerobohan saya sendiri. Hadeuh….
Padahal rencana itu sudah sebulanan. Dan selama sebulan itu, bisa-bisanya saya nggak sadar kalau saya salah pesen tiket. Tiket yang harusnya tanggal 14, malah saya pesannya untuk tanggal 15. Dalam kepala saya, saya harus berangkat tanggal 15, bukan 14. Padahal, sebelumnya saya sendiri yang bilang bakal berangkat tanggal 14. Hemm, gagal fokus kok selama sebulan. Parah.
Yang membuat saya nyesek itu, lantaran demi ke Sukabumi ini, saya sudah melewatkan banyak acara lain yang bisa dibilang penting. Salah satunya, mundur seminar gegara dosen yang tiba-tiba minta seminar di tanggal keberangkatan saya yang ujung-ujungnya gagal ini.
Tapi saya coba ambil hikmahnya, mungkin kalau nggak gagal pergi kemarin, saya nggak bakal posting ini. Kalau tak gagal pergi kemarin, saya mungkin bakal tidak siap sidang seminar lantaran terlalu mendadak. Untungnya Pak Dosen kemarin setuju dan berbaik hati untuk mundur hingga akhirnya sidang saya berjalan lancar.
Nah, gara-gara Batal Ngetrip ini, saya jadi tahu bahwa tiket kereta api itu bisa direfund. Alhamdulillah.

Alhamdulillahnya lagi, karna kebetulan kemarin saya pesan tiket kereta apinya online lewat pegipegi.com yang ketika itu sedang ada diskon 20.000, jadinya kerugian saya tidak terlalu besar. Karna biaya refund 25% dipotongkan dari harga tiket asli, bukan dari harga tiket setelah didiskon. 

Yeah, jadi total kerugian kemarin Cuma sekitar 10 ribu. Walaupun, uang hasil refund tiket baru bisa diambil nanti sebulan kemudian.
Jadi, bagaimana cara membatalkan tiket kereta api?


Form Pembatalan


Caranya ternyata gampang sekali. Untuk di Solo, Stasiun yang melayani pembatalan tiket ini adalah stasiun Balapan. Saya sempat kecilek karena datang ke Stasiun Purwosari yang ternyata tidak bisa dilakukan di sana.
Langkah pertama untuk membatalkan tiket, adalah kita mengambil nomor antrian untuk ke customer service. Nanti akan dipanggil sesuai urutan. Nah sesudah itu, tinggal tunggu saja panggilan sesuai nomor.

Pencetlah nomor antrian

Selanjutnya petugas akan meminta data kode boking tiket kereta kita. Nah ini yang wajib kita tahu. Lebih amannya bawa prin out tiket, atau tiket asli kita jika beli secara langsung. Selain itu, kita juga harus membawa KTP. Tidak perlu yang sudah difoto kopi, karna bisa difoto kopi di sini. Tapi lebih baik lagi kalau bawa foto kopi KTP dari rumah supaya proses lebih cepat dan berjaga-jaga kalau mesin kopian di sini rusak.


Selanjutnya kita akan diberi formulir pembatalan tiket yang harus dibawa ke loket 2. Tiket tersebut oleh petugas  dicetakkan dibagian belakang form bukti pembatalan tiket rincian tiket kita. Selanjutnya bukti inilah yang kita pakai untuk mengambil uang refund tiket kita ke stasiun yang ditunjuk, sebulan setelahnya.


Apa Saja Syarat Membatalkan Tiket Kereta?
1. Bawa KTP atau SIM dan harus dilakukan sendiri. Kalau tidak, harus menyertakan surat kuasa bermaterai
2. Dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api.
3. Pembatalan tiket, dikenakan bea 25 %
4. Pengambilan bea tiket, dilakukan hanya di stasiun yang ditunjunk dengan membawa tembusan form yang tadi sudah diprinkan. Jika form hilang wajib membuat surat kehilangan dari kepolisian.

Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini:



Tiket saya ini baru bisa cair nanti tanggal 14 November, dan untuk pengambilannya nanti di stasiun Purwosari. Saya memilih di sini, karna lokasi stasiun lebih dekat buat saya. Ya semoga nanti lancar lah pas mengambil uangnya. Dan semoga nanti kapan-kapan saya ada kesempatan lagi main ke Sukabumi.

Related Posts

Membatalkan Tiket Kereta Dari Stasiun Solo
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

4 comments

Tulis comments
avatar
01 November, 2016 21:44

gagalmaning...:))) kok iso tho mbk..

Reply
avatar
03 November, 2016 07:34

Wah enak ya gak rugi banyak, biasanya kalo pembatalan semacam kayak gini potongannya setengahnya,, sadisss.. hehe..

Reply
avatar
05 November, 2016 16:59

Alhamdulillah. pas banget ada diskonan. hehehe

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)