Sunday, September 11, 2016

Wisata Ke Waduk Gajah Mungkur, 7 Hal Asyik ini Bisa Kamu Lakukan

Ini hari yang berbeda dengan perjalanan saya saat ke waterboom Gajah  Mungkur beberapa bulan yang lalu.  Masih dalam momen suasana Idul fitri. Sebuah momen dimana pemudik masih  membanjiri kota Wonogiri.

Jika dalam tulisan sebelumnya saya menceritakan bagaimana kondisi waterboom Gajah Mungkur, kali ini saya ingin menceritakan tentang hal-hal menarik lain yang bisa dilakukan saat ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur.

Selain kita bisa berfoto-foto di area Taman Tombo Galau, maupun melihat gajah di area Taman Satwa. Ada beberapa hal lain yang bisa kita lakukan saat ke Waduk Gajah Mungkur:


1. Bermain-main di area Taman Bermain



Area taman bermain Waduk Gajah Mungkur masih berada di lokasi yang sama dengan keberadaannya sekian tahun yang lalu yakni di depan gedung Warsito Sanyoto. Namun yang berbeda sejak beberapa tahun belakangan ini adalah bertambahnya wahana-wahana permainan untuk anak-anak.

Anak-anak yang diajak datang kemari pastilah merasa bahagia karena mereka memiliki ragam spot permainan dari yang gratis hingga berbayar. Yang gratis misalnya, mereka bisa main ayunan, main jungkitan, prosotan dan masih banyak lagi.

Sementara yang berbayar, ada beberapa pilihan seperti komidi putar, bianglala mini, kereta kelinci, maupun sepeda air. Yang asik, semuanya ditawarkan dengan harga yang murah meriah hanya dengan kisaran harga Rp. 5.000.


2. Menikmati perairan Waduk Gajah Mungkur



Kita bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar perairan waduk Gajah Mungkur dengan beberapa cara. Bisa dengan menaiki kapal yang per orang harganya sekitar Rp. 8.000. Atau dengan naik banana boat maupun spead boat.

Dari atas kapal kita bisa melihat karamba dari dekat. Karamba ini merupakan tempat budidaya pembiakan ikan di tengah waduk. Ketika kita naik spead boat, kita bakal diajak seru-seruan merasakan sensasi kapal kebut yang sembari ngebut, memiringkan kapalnya hingga rasanya nyaris mau terjatuh.

Nah, ini secuplik keseruan kami menaiki spead boat di OW. Gajah Mungkur




3. Biar udah gedhe, bisa kok naik bebek-bebekan keliling waduk




Bebek-bebek an atau istilah bekennya sepedaan air bisa pula kita lakukan di sini. Kalau di area taman bermain, sepeda airnya hanya untuk anak-anak. Kalau kita berjalan menuju sisi selatan, maka kita akan menemukan sarana sepeda air yang bisa dinaiki orang dewasa. Untuk bisa naik bebek-bebek an ini, biayanya Cuma Rp. 5.000. Menikmati pemandangan waduk di sore hari sembari menaiki sepeda air yang harganya super murah tentunya bakalan syahdu.


4. Foto-foto di taman Waduk



Di dekat tempat penyewaan sepeda air, kita bisa sekalian mampir ke taman yang menyajikan hijaunya hamparan rumput dan beberapa jenis bunga. Taman ini dilengkapi gardu pandang untuk melihat ke sekeliling waduk dari ketinggian. Juga dilengkapi beberapa sarana permainan serta warung makan.

5. Belanja macam-macam Souvenir


sovenir gajah mungkur
Aneka Rupa souvenir di OW Gajah Mungkur

Sebuah tempat wisata pastilah menjual aneka ragam oleh-oleh berupa cinderamata. Pun begitu pula dengan Waduk Gajah Mungkur. Di O.W Gajah Mungkur banyak dijual cinderamata berupa souvenir-souvenir dari kayu, akar wangi, kaos, dan masih banyak lagi.

6. Mencicip aneka rupa olahan ikan





Ikan wader atau ikan kecil-kecil yang digoreng garing berbalut tepung, menjadi panganan khas untuk oleh-oleh dari O.W Gajah Mungkur. Selain itu pula, nila dengan rasa manisnya yang mantap, tak boleh ketinggalan untuk disantap saat bertandang ke OW Gajah Mungkur. Satu lagi yang tak boleh terlupakan adalah mencicip sensasi pedas gurih dari paduan kelapa muda dan lombok ijo pada Bothok Ikan khas Wonogiri.

Semua makanan-makanan ini banyak dijual baik di area dalam OW Gajah Mungkur maupun rumah makan-rumah makan di sekitar OW Gajah Mungkur.

Baca Juga




7. Berkunjung ke Mini Kebun Binatang Wonogiri




OW. Gajah Mungkur memiliki sebuah kebun binatang mini. Selain gajah, beberapa jenis hewan seperti rusa, kera, buaya, ular, kalkun dan merak ada di sini. Walaupun jumlahna tak banyak, lumayan lah untuk mengenalkan macam-macam jenis binatang kepada anak-anak



*Note: Waduk Gajah Mungkur sebenarnya buka setiap hari. Hanya saja OW Gajah Mungkur beroperasi maximal ketika hari libur sekolah maupun hari libur nasional tiba. Maka jika kesini bukan hari libur, jangan heran kalau banyak warung dan beberapa wahana yang tutup


Oeh iya, kamu juga perlu tahu, di Waduk Gajah Mungkur sekarang ada Omah Jungkir

Related Posts

Wisata Ke Waduk Gajah Mungkur, 7 Hal Asyik ini Bisa Kamu Lakukan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

2 comments

Tulis comments

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)