Saturday, April 16, 2016

Turki Ceria Bersama Cheria Travel

Sepertinya antara tahun 2009-2010, ketika saya melihat acara TV Backpaker TV-One. Saya lupa tepatnya kapan.  Ketika itu si reporter yang punya nama Yulika Satria Daya mampu membawakan acara jalan-jalan tersebut dengan sangat baik. Yulika  membuat saya sangat tertarik dengan Turki dan mupeng berat ingin ke sana. Di samping, saya jadi mengidolakan repoter yang punya wajah lumayan ehem ini. Bahkan biarpun program acara tersebut hanya sebentar, sampai sekarang saya masih mengidolakannya. Pembawaannya yang sesuai dengan slogannya “asikin aja” terus terkenang sampai sekarang.

“Keren! Sangat klasik!” itulah komentar saya saat tahu bagaimana kehidupan di Turki, serta bagaimana wujud bangunan-bangunan disana untuk pertama kalinya. Ya, itu pertama kali saya tahu tentang Turki yang ternyata memiliki sisi klasik sangat kuat.

Membaca novel 99 Cahaya di Langit Eropa, sedikit banyak memberikan sumbangsih pengetahuan saya tentang Turki. Selain itu, saya yang semula sempat lupa tentang bagaimana Turki,  karena selang waktu antara saya membaca novel Hanum Salsabila dan nonton acaranya Yulika cukup jauh yakni sekitar 3 tahunan. Mendadak mengingatkan saya kembali bagaimana menariknya Negara tersebut.  

Mengapa Turki harus dikunjungi?


Berkat ketertarikan saya akan Turki yang bangkit lagi, saya jadi mencari tahu banyak hal tentang Turki. Akhirnya, saya menyimpulkan bahwa Turki “benar-benar yahut”. Ada beragam alasan yang membuat Turki menjadi Negara yang recommended untuk dikunjungi. Beberapa hal berikut adalah alasannya:

1.       Pusat Peradaban Besar Dunia
Turki banyak menyimpan rekaman jejak sejarah peradaban dunia. Negara ini kaya dengan situs arkeologi dari zaman purba, Yunani Kuno, Romawi, dan peradaban Islam. Maka tak heran, meskipun Turki adalah Negara Islam, ia juga cukup banyak menyimpan sejarah agama Kristen.  

2.   Wisata Religi beragam Agama

Turki memiliki tempat yang tertulis dalam agama samawi seperti Gua Ashabul Kahfi. Pun di Turki ada tempat yang dipercaya sebagai Virgin Mary’s House. 

3.       Turki terbilang Negara yang lumayan murah
Negara di kawasan Eropa terkenal cukup mahal. Namun meskipun Turki bagian dari Eropa, Turki bisa dibilang sebagai Negara yang masih masuk kategori murah. Mata uang Turki adalah Lira. 1 Lira jika dirupiahkan sekitar Rp. 4.700.

4.       Mengajukan visa Turki cukup mudah
Pembuatan visa Turki terbilang cukup mudah yakni dengan cara apply online melalui website e-visa . Pembayarannya sendiri menggunakan kartu kredit dan visa berlaku selama 30 hari.

5.       Surga Wisata Kuliner
Turki memiliki beragam kuliner yang cukup terkenal di dunia, salah satunya adalah kebab. Siapa yang tak kenal dengan makanan enak khas Turki ini? Selain kebab, Turki terkenal dengan es krim anti leleh yang penyajiannya dengan menggunakan sedikit atraksi. Ada juga pilaf, seperti nasi Indonesia namun ukurannya sedikit lebih besar. Bahan dasarnya adalah beras bas mati. Saya pernah mencobanya di acara festival kuliner Solo setahun lalu. Rasanya enak. Sayang, cuma sesendok, karena itu merupakan sampel gratisan dari sebuah resto Turki yang memasang stand promosi di sana.

6.       Turki memiliki Istanbul, satu-satunya kota yang berada di dua benua
   Istanbul merupakan kota yang menjadi jembatan dua benua baik secara fisik maupun kultural. Representasi perbedaan antara Eropa dan Asia terlihat jelas di Istanbul. Penghubung ke dua benua ini adalah Jembatan Bosphorus dan bahkan kini Istanbul memiliki terowongan bawah laut. Uniknya, ide pembuatan terowongan ini merupakan ide yang sudah ada sejak jaman kekhalifahan Turki Ustmani. Super keren.

Turki, Antara Backpaker vs Travel Wisata

Ada banyak cara menuju Turki. Tentu saja, jika saya diberikan dana traveling ke Turki, ini saya sedang berandai-andai. Dan tolong, biarkan saya berandai-andai. Ehem.

Jadi, saya berandai-andai saya diberi pilihan pergi ke Turki dan pilihannya adalah antara backpakeran atau lewat travel. Dengan tegas dan suara lantang maka jelas saya lebih memilih pakai travel. Hiks, sayangnya, siapa yang bersedia memberikan saya pilihan ini ? #ngarep.com  T.T

BACKPAKER VS TRAVEL
Backpaker, banyak hal yang belum pasti. Segala hal tentang  perjalanan perlu dipertanyakan.
Tetapi dengan Travel, semua cenderung sudah jelas

Well, biarpun saya biasa berpergian ala-ala backpacker, tetapi jelas jika ada pilihan lewat travel maka saya memilih pergi ke Turki lewat travel. Karena tidak bisa dipungkiri sebagai wanita, saya ingin dimengerti. Halah.

Begini, alasan sebenarnya adalah karena saya sedikit khawatir dengan kemampuan bahasa Inggris saya yang acakadut. Saya masih terlalu cemen bahkan untuk sekedar membayangkan backpakeran sendirian ke negri luar ASEAN. Pokoknya saya tidak bisa membayangkan kehilangan arah di negri antah berantah. Meskipun saya termotivasi kata-kata Windy Ariestanty yang mengatakan bahwa komunikasi itu tidak membutuhkan bahasa yang sama, tetapi lebih kepada kemauan untuk saling memahami. Tetap saja saya tidak bisa membayangkan, nampak oon menggerak-gerakkan tangan mencoba bicara dengan orang asing memakai bahasa isyarat. Owh…

Bagaimanapun, mau backpacker atau menggunakan travel, keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Dipandang dari segi kenyamanan dan keamanan, memakai travel jelas lebih terjamin. Walau kadangkala kita jadi merasa tidak bebas lantaran jadwal yang terikat, tetapi berpergian lewat travel sangat cocok manakala niat kita memang pure untuk liburan dan benar-bener ingin mefreshkan otak..

Menuju Turki dengan menggunakan travel wisata, kita tak perlu pusing lagi tentang itenary. Tidak perlu pusing dengan tetek bengek perencanaan, dan kekhawatiran bagaimana nanti di sana. Yang kita perlukan hanya tinggal menyiapkan dana, kesehatan fisik dan menyiapkan beberapa barang pribadi yang harus dibawa.

Yang tak kalah penting, menggunakan travel yang sudah terpercaya bisa menghindarkan kita dari pengeluaran membengkak. Karena travel yang terpercaya biasanya sudah merinci itenary dengan sangat jelas dan mempersiapkan semuanya dengan matang.
Berbicara tentang travel luar negri, travel yang sedikit banyak saya ketahui adalah Cheria Travel. Sejak saya mengikuti lomba blognya di tahun 2014,  saya menjadi cukup mengikuti perkembangan perusahaan travel wisata ini.

Saya jadi tahu bagaimana travel ini berusaha terus berkembang dan konsisten dalam upayanya memuaskan customer dari sejak berdiri pada tahun 2012 hingga sekarang ini.

Ke Turki dengan Cheria, Insya Allah Ceria

senyum jamaah cheria
Senyum Ceria Jamaah Cheria Travel

 Andai-andai saya ceritanya masih berlanjut. NB: Tolong jangan dinyinyiri.

Jadi begini, saya memiliki rencana traveling ke Turki. Ceritanya saya mau mengikuti jejak idola saya, mas Yulika Satria Daya yang sudah menginspirasi saya sejak beberapa tahun lalu. Eh, kebetulan ada pangeran baik hati yang bersedia membiayai seluruh ongkos perjalanan saya buat ke Turki. Sebetulnya, pangeran baik hati ini ingin agar saya dijemput helikopternya saja, lantas saya tinggal berleha-leha sambil baca buku di atas Helly dan kemudian, tada saya sudah sampai di Turki.


Tetapi, sebagai seorang wanita tentu saya gengsi kalau menerima bantuan 100% dari seorang lelaki. Halah.

Saya akan berkata kepada pangeran tersebut untuk membiarkan saya pergi mandiri, karena bagaimanapun sebagai pangeran ia tidak layak meninggalkan rakyatnya untuk kepentingan pribadi. Preketek.

“Tak perlu khawatir pangeran. Kamu tau kan, saya perempuan yang kuat,” sembari pasang muka semanis mungkin.

 “Tapi…” Pangeran hendak melanjutkan perkataannya.

“Biarkan saya menelusuri Turki sendiri pangeran. Biarkan saya memamah rempah sejarah peradaban Islam di sana. Menelisik bentangan pengetahuan, memaknai pelajaran hidup dari sejarah masa lampau. Mendengarkan cerita penduduk tentang bagaimana rasanya hidup sebagai mayoritas muslim namun kewajibannya menjadi muslim sangat dibatasi. Dan yang pasti pangeran, saya ingin menuntaskan keinginan saya menaiki balon udara, mengamati Turki bersama serakan awan. Biarkan saya merasakan menjadi bagian dari sebuah peradaban baru” saya mencoba bicara serius, meyakinkannya untuk rela melepas kepergian saya.

Pangeran diam sejenak. Sulit baginya untuk memutuskan. Saya sangat paham.


“Travel Cheria, Insya Allah membuat saya ceria pangeran,” ujar saya kemudian.

“Baiklah, kalau bersama Cheria Travel saya rela melepasmu,” ujarnya kemudian.

Saya tersenyum bahagia. Saya mengerti, jaminan keamanan adalah hal yang akan sangat mebuat lega hati lelaki, manakala ia harus melepas seorang perempuan yang berarti di matanya.  Pangeran pun akhirnya membiarkan saya pergi. Kemudian saya bahagia jalan-jalan ke Turki seperti Yulika Satria Daya.
                
  TAMAT
               
Nah loh,? 

Begini saja, langsung pada intinya. Yang ingin saya katakan adalah bagaimana Cheria Travel memang selalu bisa membuat ceria. Ada beberapa keunggulan jika kita ke Turki menggunakan Cheria Travel. Diantaranya:

1.       Terjamin kehalalannya.
Walaupun Turki Negara Islam, tetapi tetap saja kita tidak bisa menjamin selama di sana kita mendapat makanan halal jika menggunakan travel lain. Namun, memakai Cheria Travel, Insya Allah kita aman. Karena bagaimanapun kehalalan memang menjadi prioritas utama bagi Cheria Travel.

  
     2.  Harga Murah

Harga tour Turki di Cheria travel, cukup murah jika dibandingkaan dengan travel yang lain. Cheria travel memiliki banyak promo di websitenya. Fast respon juga. Saya mencoba kontak ke emailnya, dan balasan email lumayan cepat. Untuk tahu lebih banyak  promo Travel Tour Wisata Turki maupun Umroh Plus Turki, bisa datang ke websiter Cheria Travel langsung.

      3.  Aman
    Tidak perlu ragu memilih Cheria travel. Karena legalitas PT. Cheria Tour and Travel jelas:
  • TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013, Dinas Pariwisata
  • Member International Air Transport Association (IATA) dengan nomor 15314132
  • Izin Penyelenggara Ibadah Haji Khusus Madinah Iman Wisata Nomor 118 Tahun 2015
  • Izin Umroh Madinah Iman Wisata Nomor D/70/2015
  • Cabang resmi Madinah Iman Jakartaa

                Cheria Travel juga memiliki kantor yang jelas. Tepatnya di:
Gedung Twink Lt. 3
Jln. Kapten P. Tendean No.82 Mampang Prapatan
Jakarta Selatan
Telp: 021-7900-201 / 021-700-216


4.       Tempat Wisata yang dikunjungi banyak


Cheria Travel pun menyediakan pilihan hari tur yakni tur untuk 5, 7, 10, dan 16 hari.

Melihat itenary Cheria Travel ke Turki membuat saya geleng-geleng kepala. Ini menarik, sangat banyak sekali. Ada kurang lebih 10 Kota yang dikunjungi. Bursa, Izmir, Cannakale, Kusadasi, Ephesus, Hierapholis, Konya, Cappadocia, Ankara, dan Istanbul.Ini kota-kota penting dalam sejarah peradaban. Cheria travel memilihkan itenary dengan sangat tepat.

Seperti mengunjungi Bursa  yang merupakan salah satu kota penting dalam sejarah Turki.  Ia adalah Ibu kota pertama Turki di jamam Kesultanan Ottoman. Menariknya lagi, Masjid Ulucamii menjadi salah satu sasaran kunjungan. Sebuah masjid dengan arsitektur indah ber-view kota Bursa dan gunung Uludag ini merupakan masjid pertama di era Ottoman.

Izmir tak kalah penting dengan Burza. Sebagai kota beriklim Mediterania, Izmir sudah berdiri setidaknya sejak 5.000 tahun lalu. Di kota izmir kependudukan pernah berganti-ganti. Ia pernah dikuasai Yunani saat kekalahan Turki di perang dunia pertama. Yang kemudian justru menggerakkan Kemal Ataturk untuk memimpin perang kemerdekaan.

Cannakale sebagai kota Troy. Banyak peninggalan Yunani di sini. Belum lagi kota ini menjadi saksi pecahnya perang Cannakale. Kota Kusadasi tak ketinggalan masuk itenary kunjungan. Kusadasi punya kelebihan dari sisinya sebagai kota resor. Sisi touristik modern adalah sisi yang diusung di kota ini. Hal yang wajar karena letaknya berada di pantai laut Aegea. Nantinya, di Ramada Resort, sebuah resort di kota Kusadasi inilah para peserta Tur Cheria Travel akan menginap. Membayangkan saja sudah terbayang betapa asiknya.

Tak terlupakan kota kuno Ephesus menjadi kota kunjungan selanjutnya. Cuilan peradaban Yunani kuno yang masih banyak tertinggal menjadikan Ephesus komplek peninggalan arkeologi terbesar di Turki bahkan dunia. Berada di Ephesus pasti nanti akan membuat saya berkhayal memasuki film ala-ala kerajaan Zeus.

Seolah belum cukup menjamah era lampau bangsa Yunani, Hierapholis dimasukkan dalam daftar kunjungan sesudah dari Ephesus. Hierapholis, kota yang terkenal dengan sumber air panasnya ini,  dan cotton castlenya bahkan dinobatkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1988.

Konya kota kunjungan berikutnya. Kota dengan  keidentikan pada  Jalaludin Rumi, tokoh sufi yang tenar di Indonesia. Tahu tarian Darwis? Tarian Turki yang berputar-putar dengan menggunakan jubah itu berasal dari sini. Tarian Darwis sempat membuat saya berpikir, apa tidak capek? Tapi ternyata, baru saya tahu bahwa gerakan dalam tarian Darwis adalah ritual yang konon gerakannya membantu meraih pengalaman spiritual tertinggi.

Cappadocia, Ankara dan Istanbul. Tiga kota berikutnya ini adalah kota terenal di Turki. Cappadocia dengan goa-goa nya yang anti mainstream. Goa-goa semacam di kartun Flinstoon yang dahulu pernah dijadikan rumah dan tempat ibadah.  Selanjutnya Ankara sebagai kota dengan jumlah penduduk terbesar ke dua di Turki, dan kedudukannya sebagai ibukota Turki saat ini. Jelas hal yang sayang jika sampai terlewatkan. Terakhir Istanbul. Satu-satunya kota dengan dua benua di dunia, yang bisa disebut ikonnya kota Turki jelas hal wajib untuk disusuri.

Istanbul dengan Hagia Sophia, Blue Mosque dan Topkapi Palacenya adalah magnet bagi turis di seluruh dunia. Menyaksikan sejarah Islam dan Kristen di tiap ornament Hagia Sophia, melihat langsung bagaimana sebuah gereja pernah dijadikan masjid namun tanpa menghancurkan ornamen Kristen di dalamnya adalah hal yang sangat diincar oleh siapapun. Blue Mosque yang berdiri megah tepat di depan Hagia Sophia seolah pun ingin menunjukkan bahwa Islam memiliki seni arsitektur yang tak kalah indah dengan Hagia Sophia yang notabene buatan Byzantium.

Rasa-rasanya, Travel Tour Wisata turki bersama Cheria Travel ingin segera saya lakukan. Itenarynya sungguh menggoda. Sangat komplit. Kunjungan ke Turki yang membuat kita bisa merasakan aura 3 era peradaban: Yunani Kuno, Romawi, dan Islam. Untuk menggambarkan keasyikan tur Turki, berikut kira-kira gambar lengkap itenarinya. Ini adalah gambar itenary Travel Tour Wisata turki 10 hari yang saya sarikan dari website Cheria travel:

itenary tur turki


5. Fasilitas Hotel Bintang 5
Sheraton Bursa Hotel, Ramada Resort Kusadasi Hotel, Doga Thermal Hotel, Ramada Cappadocia Hotel, Conrad Bosphorus Hotel, adalah deretan hotel yang akan kita pakai selama tur Turki. Hotel ini kualitas bintang 5. Sehingga kita tak perlu lagi ragu dengan kenyamanannya. Ini salah satu video yang menggambarkan kenyamanan hotel yang akan dipakai selama tur bersama Cheria Travel


Umroh Sekaligus Menjelajah Turki, Kenapa tidak?

Beberapa waktu lalu seorang teman saya dinyatakan mendapat hadiah umroh dari kantor. Ketika itu keharuan memenuhi hati ini, dan hati kawan-kawan yang lain. Bagaimanapun kabar bisa ke tanah suci adalah sesuatu yang istimewa meskipun itu bukan untuk kita.

  Labaikallaahumma labbaik…
Labaikalaa syarikalaka labbaik…
Kusambut panggilan-Mu ya Allah, kusambut panggilan-Mu,
Tiada sekutu bagi-Mu, kusambut panggilan-Mu

Gema kalimat talbiyah seperti memenuhi kepala saya ketika dilain waktu teman saya tersebut berpamitan untuk melakukan latihan manasik. Padahal ia berpamitan hanya untuk latihan, belum akan berangkat. Tetapi ada sisi dimana saya ingin juga dipanggilNya ke Baitullah yang membuat saya haru luar biasa. Mungkin karna itulah telinga saya rasanya penuh kalimat Talbiyah. Ada kesedihan karena rasanya masih jauh kemampuan untuk layak dipanggilNya ke sana. Saat-saat seperti inilah, saya hanya bisa mengencangkan doa, Rabb, mampukan saya juga menuju BaitullahMu suatu hari nanti.
Dari Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا ، وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ
"Antara umrah yang satu dan umrah lainnya, itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasannya melainkan surga.” (HR. Bukhari no. 1773 dan Muslim no. 1349)


Bagi umat Islam, Umroh adalah sebuah ibadah yang diimpikan siapapun termasuk saya. Pertimbangannya, karena melalui Umroh, kita tidak perlu menunggu waktu lama seperti ketika kita menunggu waktu untuk berhaji. Meskipun bisa berhaji juga menjadi impian yang luar biasa besar bagi saya maupun umat Islam yang lain, karna haji merupakan salah satu rukun Islam

promo turki Cheria Travel


Umroh Plus Turki bersama Cheria Travel, seolah menyadarkan bahwa bagaimanapun kita terkagum pada peradaban besar Turki yang terus berganti-ganti, tetapi Ka’bah jauh lebih hebat. Ka’bah adalah saksi paling dahsyat tentang perkembangan manusia yang sesungguhnya. Karna disanalah manusia-manusia yang terpanggil, dari generasi ke generasi, dan dari belahan dunia manapun hadir.

Memilih Cheria Travel sebagai biro pengantar perjalanan kita, tentunya merupakan pilihan tepat. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, Legalitas Cheria Travel jelas. Ya, sebagai penyedia layanan umroh, Cheria Travel patut dijadikan pilihan. Lantaran travel ini berusaha memenuhi gerakan 5 pasti umroh yang dikoarkan kemenag. 5 pasti itu adalah:
1. Pastikan Travel Berijin
2. Pastikan Penerbangan dan Jadual Keberangkatan
3. Pastikan Program Layanan
4. Pastikan Hotel
5. Pastikan Visanya





Komentar-komentar orang-orang yang sudah menggunakann Cheria Travel pun cukup bagus.
Berikut salah satu contoh video komentar jamaah Cheria Travel



Maka tak perlu lagi ada kekhawatiran saat berumroh menggunakan Cheria Travel. Nah, jika anda ingin tahu lebih banyak tentang Umroh Plus Turki Cheria Travel, langsung saja datangi websitenya. di http://www.cheria-travel.com

Berikut ini skema alasan yang menyebabkan kenapa Umroh Plus Turki dengan Cheria Travel bakalan asyik

alasan Cheria Travel


Nah, ini adalah salah satu video yang bikin saya mupeng perjalanan jamaah Cheria Travel saat melihat bunga Tulip, Bunga khas Turki di Istanbul

Related Posts

Turki Ceria Bersama Cheria Travel
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

31 comments

Tulis comments
avatar
17 April, 2016 12:20

Pengen banget umroh plus bisa wisata lagi. Moga menang ya mbak ^.^

Reply
avatar
18 April, 2016 02:47

alhamdulillah, saya juga ingin ke turki, ke hadzrati sulaiman tunahen,...
tahukah ponpes uicci?+

Reply
avatar
18 April, 2016 07:14

sukses ya mbak, aku pun mau ke Turki, mupeng banget waktu ngeliat pak Cheri jalan2 kesana lagi

Reply
avatar
18 April, 2016 08:37

semoga terkabul ya mba bisa mengunjungi Turki :)

Reply
avatar
18 April, 2016 21:15

Pengen juga nih kalau bisa umroh sambil ke Turki, baru liat lewat video dan cerita aja tentang asiknya menjelajah turki

Reply
avatar
19 April, 2016 06:14

Amin...
Sama-sama mbak. Menang bareng ^^

Reply
avatar
19 April, 2016 06:28

Amin... Semoga diberi kesempatan kesana.
Itu pondok pesantren yg berpusat di Turki ya mas?

Reply
avatar
19 April, 2016 06:30

Yup Mbak Sama-sama. Moga bisa tercapai

Reply
avatar
19 April, 2016 06:35

Bikin mupeng ya mbak? Turki emang keren. semoga bisa kesana

Reply
avatar
19 April, 2016 15:04

ini mah namanya sambil ibadah sekalian cuci mata hehehe waah selain dapet pahal juga untuk menyegarkan fikiran bisa jalan-jalan ke Turki
jadi pengen banget

Reply
avatar
20 April, 2016 05:51

Saya juga pengen ke turki nih ceritanya...yuk ke turki

Reply
avatar
20 April, 2016 18:09

semoga terwujud keinginannya ya mba

Reply
avatar
20 April, 2016 22:13

jalan-jalan berpahala mbak. Semoga nanti bisa kesana. Amin

Reply
avatar
20 April, 2016 23:52

Hehehe,,, Cheria Travel nanti bisa jad pilihan travel buat ke sana mbak :-)

Reply
avatar
20 April, 2016 23:57

Amin... terima kasih sudah berkunjung mbak

Reply
avatar
21 April, 2016 09:20

Wow ... baru tahu ada travel halal. :D Asyik banget kalo sambil umrah dan jalan-jalan

Reply
avatar
25 April, 2016 17:48

Yuhu mb... Asyik ya? Karna bagaimanapun, asupan halal food sgt penting utk hidup dunia akirat :-D

Reply
avatar
26 April, 2016 09:37

Wah jadi pengen nih hmm sepertinya muantappp n seru ya.

Reply
avatar
28 April, 2016 19:18

Wah lengkap banget ya pelayanannya
Semoga suatu saat bisa mampir negeri lain ah kyak di tipi tipi hihi

Reply
avatar
29 April, 2016 11:05

sukses ya mba. AMin semoga bisa ke turki

Reply
avatar
29 April, 2016 21:07

Turki, salah satu destinasi impianku juga nih.

Reply
avatar
30 April, 2016 05:07

Begitulah cheria travel mb. Ya, amin... Moga nanti kta bsa ke sana

Reply
avatar
30 April, 2016 05:08

Joss. Moga kita bisa kesana

Reply
avatar
07 May, 2016 15:30

Semoga sukses ke Turki ya mba. Saya jadi pengen juga ke Turki

Reply
avatar
16 May, 2016 22:39

wah, cerita pangeran dan putri tadi sekuel yg menarik, hehehe..nice nice

Reply
avatar
28 June, 2016 23:50

Amin... Hihi, Turki emang bikin mupeng mbak

Reply
avatar
20 November, 2016 22:07

Turki makin mengagumkan sejak dipimpin Erdogan. Saya salut sama pemerintahannya.
Semoga jalan-jalan ke Turki kesampaian, aamiin.

salam

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)