Friday, February 05, 2016

Manfaat Domain Pribadi Dot Com

Domain. Apa itu domain? Domain dalam wikipedia diartikan sebagai nama unik untuk mengidentifikasi server komputer maupun web server di jaringan komputer ataupun intenet.
Pengertian yang sedikit sulit dipahami ya?



Kalau saya sendiri lebih suka memberi artian domain sebagai alamat rumah asli kita di internet. 
Inilah yang menjadi identitas kita. Dan ketika kita membutuhkan identitas diri di dunia perinternetan, alamat domain inilah yang akan menjadi alamat kita.

Yang jadi pertanyaan, apa sih pentingnya punya domain .com ?

1. Profesional
Kesan jika alamat blog kita berdomain .com adalah profesional. Ini lebih  pada kesan serius kita menggarap sesuatu. Domain .com juga menjadi sangat penting ketika website kita dipakai untuk berjualan. 


Saya sendiri, bakalan lebih percaya jika sebuah toko online memiliki domain .com. Saya cenderung ragu-ragu, jika membeli barang di internet yang tidak memiliki domain .com. Saya akan langsung berpikir, bagaimana toko itu bisa melayani saya sebagai customer secara profesional? Jika websitenya saja tidak memberikan kesan profesional dan serius lewat domain .com yang notabenenya adalah identitas yang paling mudah di dapat?

Kepemilikan kita akan domain .com sangat besar  pengaruhnya pada kepercayaan pelanggan online maupun offline. Saya kebetulan memiliki sebuah toko online yang beralamat di http://entungsouvenir.com saya sangat bisa merasakan, bagaimana customer yang membeli barang saya lewat offline menaruh minat yang begitu besar saat saya mengatakan, "bisa lihat produknya di website"

Pun dengan pembeli online, mereka bisa jauh lebih percaya ketika menggunakan domain .com daripada ketika saya menggunakan blog berplatform gratisan.

2. Lebih Simpel dan Mudah diingat
Memiliki domain dot com, menjadikan alamat web kita lebih pendek. Sebuah blog gratisan, biasanya memberi syarat untuk selalu mencantumkan platformnya. Sehingga alamat website kita menjadi sangat panjang.



Memakai domain dot com, kita tak perlu lagi menuliskan embel-embel platform blog gratisan. Maka ketika kita mencantumkannnya di kartu nama, kartu nama kita bakalan terlihat lebih simple, keren, dan tentu professional.
Alamat website yang menjadi lebih pendek ini sekaligus menjadikannya mudah diingat. Jika mudah diingat, tentu potensi untuk website kita lebih sering dibuka menjadi lebih besar.

3. Potensi Menghasilkan Uang
Sekarang ini, domain dot com memang tidak hanya dipakai untuk berjualan. Para bloger pun sudah mulai beralih ngeblog dengan menggunakan domain pribadinya. Selain lebih keren, potensi kita mendapat uang ketika memakai domain pribadi pun menjadi lebih besar, tanpa kita harus menjadi seorang penjual?


Banyak perusahaan-perusahaan besar yang mulai melirik para bloger berdomain pribadi untuk diajak kerjasama. Biasanya, perusahaan-perusahaan ini bakal mensyaratkan mitranya untuk memiliki domain pribadi dengan score Domain Authority (DA) tertentu.

4. Website menjadi lebih aman
Ini ketika kita memiliki domain sekaligus menghosting sendiri. Karena kita bisa melakukan backup database secara teratur.


Selain itu, kita tak perlu khawatir data-data kita hilang akibat perusahaan penyedia platform blog gulung tikar atau mengalami perubahan system. Misal yang pernah terjadi di multiply. Banyak blogeer pengguna multiply yang pernah mengalami kehilangan tulisannya akibat multiply yang menutup platform gratisnya.

5. Suka-Suka pilih Template dan Posting Blog

Sebuah platform blog gratis, biasanya hanya memberikan pilihan template standar. Sehingga kita kesulitan untuk berkreasi dan menyesuaikan template dengan konten website kita. Beda halnya ketika kita memakai domain pribadi. Kita bisa suka-suka menentukan desain template blog kita. Apa saja gambar template, background, header dan footernya. Semua tak terbatas. Bebas, tergantung bagaimana kepandaian kita mendesain dan mengutak-atik bahasa pemrograman. Kalaupun kita kesulitan dan tidak mengerti program maupun cara mendesain, kita tinggal mencari desainer dan programmer web yang banyak tersebar di internet.


Selain itu, sebuah blog berplatform gratis, biasanya membatasi konten tulisan kita. Misal, kita dilarang mencantumkan link website kompetitornya. Nah, kalau kita memiliki blog pribadi, apapun bebas kita tuliskan di website pribadi kita. Tentu, dengan tetap harus mempertimbangkan kode etik dan norma-norma hukum.



Banyak sudah manfaat dari domain pribadi. Saya rasa saya memang membutuhkan dotcomforme. Dot com untuk blog saya. www.gubugkecilsangentung.net Sepertinya bakalan lebih keren dan tentu saja, professional.

Related Posts

Manfaat Domain Pribadi Dot Com
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

6 comments

Tulis comments
avatar
06 February, 2016 07:14

Buruan pindah rumah dengan .com juga :D

Reply
avatar
10 February, 2016 17:06

betull..kapan blog ini pindah ke domain .com ???

Reply
avatar
25 February, 2016 21:19

Pilih pilih nama domain memang jangan yg sulit di hapal ya :)

Reply
avatar
27 October, 2016 16:53

Yooos! Murah juga sekarang domain.. biar "branding" lebih nancep :D
Selamat Hari Blogger Nasional!

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)