Saturday, January 09, 2016

Hokkaido, Musim Dingin dalam Mimpi

Karna mempunyai mimpi membuat kita berenergi

Menjadi penggemar komik dan anime sejak masih kanak, membuat saya menjadikan Jepang sebagai negri impian. Nama Fubuki Aida inipun hasil serapan dari sebuah komik asal Jepang yang berjudul“The Extra Kobayashi”.  Saya mencomot nama Fubuki dari nama salah satu tokoh utamanya, Fubuki Kobayashi. Yang kemudian saya kolaborasi dengan nama asli saya, Aida. Nama yang kebetulan juga masuk dalam kosakata Jepang, yang kalau ditilik di kamus Jepang-Indonesia berarti antara

2016, adalah tahun yang saya tulis di jurnal 2 tahun lalu. Bahwa tahun ini harusnya saya mengunjungi Jepang.

Impian itu bagai diangkat ke permukaan, manakala akhir Desember kemarin seorang teman memberikan sebuah kalender 2016 berisi gambar  tentang Jepang. Rasanya saya baru saja mendapat semangat dari Tuhan untuk memaximalkan semua usaha dan memperbanyak lafal doa. :-D

Kalender yang terdiri dari 6 lembar kertas tersebut, terpampang gambar-gambar musim yang sedang terjadi di Jepang. Seperti kalender di bulan Januari-Februari.  Tampak seorang wanita memakai pakaian budaya Jepang atau yang dinamakan Kimono, berdiri di tengah tanah bersalju. Pohon-pohon di sekitarnya  tak sedikitpun menampakkan celah warna hijau. Semua terbungkus warna putih. Termasuk sebuah rumah yang berdiri. Gambar ini seolah ingin bercerita bahwa antara bulan Januari-Februari seperti sekarang, Jepang sedang mengalami musim dingin.

Sumber: doc pribadi




Imajinasi saya pun langsung terbang. Ahh, sendainya saya diberi kesempatan Liburan ke Jepang di musim-musim seperti ini saya tentunya segera memantapkan diri untuk bergegas mengepak ransel ke Pulau Hokkaido.

Sumber: doc pribadi


Pulau Hokkaido, sebuah pulau yang luas wilayahnya menempati 20% wilayah Jepang. Pulau dengan keanekaragaman, budaya dan corak alam yang luar biasa. Apalagi semua musim ada di pulau ini.

SAPPORO

Hokkaido begitu terkenal akan musim dinginnya karena di setiap tahunnya di bulan Februari, selalu diadakan sebuah festival salju di kota Sapporo, yang biasa disebut Sapporo Snow Festival. Di festival ini dipamerkan lebih dari 300 pahatan dan patung salju aneka bentuk. Menariknya pemahat-pemahat itu berasal dari berbagai Negara. Indonesia pun pernah ikut sebagai peserta. Bangganya lagi, Indonesia pernah menjadi juara. Juara ke lima dengan patung berjudul Bimasena di tahun 2011, serta juara ke tiga tahun 2013 dengan judul patung “Balidancer”.

Sumber foto:  http://www.kaskus.co.id/thread/51169658611243b20b000007/tim-indonesia-juara-tiga-di-sapporo-snow-festival-2013-jepang-tapi/


Festival Salju Sapporo bisa dilihat di tiga tempat: Odori Park, Satoland dan Susukino. Malamnya, semua pahatan kayu itu akan dihias lampu warna-warni. Saya sendiri melihat gambar-gambarnya di google jadi mupeng berat ingin wista ke sana. Supaya bisa melihat secara langsung para seniman membuat karya. Karya-karya luar biasa. Patung-patung itu begitu detail. Mirip dengan bentuk-bentuk aslinya.

Sumber: www.infojepang.net


Kalau saya Liburan ke Sapporo terus ikutan bikin patung salju, kira-kira apa ya yang bisa saya buat? Hemmm. Mungkin saya justru akan membawa mangkuk, sirup dan buah-buahan. Daripada saya pusing-pusing memikirkan cara pembuatan patung, mungkin membuat es buah dengan es salju asli bakalan lebih mudah. :-D


Menurut berbagai sumber, festival yang kalau di Jepang disebut dengan Yuki Matsuri ini, dimulai pada tahun 1950 di taman Ootsu. Awalnya, di tempat itu Siswa SMP-SMA membuat 6 patung. Tetapi kemudian acara tersebut dibarengi dengan karnaval, perang salju yang kemudian membuat 50.000 orang datang ke taman Ootsu. Itulah Awal mula Sapporo Snow Festival dikenal publik.

Sumber: https://twitter.com/HISTravelID


Kota Sapporo sendiri adalah kota yang tercatat sebagai kota terbesar ke-5 di Jepang dengan jumlah penduduk hampir 2 juta. Transportasi di kota Sapporo terbilang sangat lengkap. Ada kereta bawah tanah, bus dan trem. Transportasi Kereta bawah tanahnya sudah mengalami banyak pengembangan sehingga ia menjadi sarana transportasi utama yang tidak tergantung musim.

Main-main ke Akkan National Park
Taman Nasional Akan memiliki danau yang tenang yang terbentuk dari letusan gunung berapi. Ada danau Manshu, Danau Akan dan Danau Kussharo. Di danau Akan terdapat fenomena alam yang jarang di dunia. Yakni adanya bola-bola lumut yang besar. Fenomena bola lumut ini hanya ada di beberapa Negara seperti Islandia, Skotlandia, Jepang dan baru-baru ini muncul di Sydney.

Bola-bola lumut ini dinamakan juga Moss Balls atau Marimo. Saya melihat bola marimo ini malah teringat permen asam yang bulet-bulet bertabur gula. Bola-bola hijau spesies ganggang ini, yang bebas mengambang di permukaan danau akan, banyak dijual sebagai souvenir.

Di Jepang, Marimo ditetapkan sebagai kekayaan alami nasional. Setiap tahunnya juga diadakan festival Marimo. Di festival itu, hadir boneka manusia berkepala marimo. lucu.



sumber: japanstyle.info


Nah, sewaktu musim dingin begini, danau Akan ini membeku.. Yang kemudian dijadikan tempat rekreasi untuk menikmati kegiatan musim dingin. Kita bisa main ski, ice skating, snowshoeing, snowmobile, smelt ice fishing, dll. 

Hemm,,, alangkah nikmatnya datang kemari. Satu hal yang pasti, saya pengin merasakan berjalan diatas danau yang membeku. Kayaknya seru tuh

Shikotsu-Toya National Park


sumber: http://www.jalan2kejepang.com/


Ada danau ajaib di Shikotsu Nastional Park. Danau Shikotsu namanya. Ajaib, karena danau itu tak pernah membeku biarpun musim sedang sangat dingin. Padahal semua danau di Jepang akan membeku saat musim dingin tiba.

Perlu hati-hati kalau datang kemari. Karena danau Shikotsu merupakan danau terdalam ke dua di Jepang. Kalau sampai terpeleset. Waaaa, bisa-bisa yang pulang tinggal nama.

Kita bisa melihat pemandangan cantik berlatar  gunung Fuppushidake sambil naik perahu kalau cuaca cerah. Akses untuk mencapai tempat ini sendiri cuma butuh waktu sekitar 1 jam dari kota Sapporo, Hokkaido.

Musim dingin begini, kita bisa melihat festival es di sekitar danau Shikotsu. Akan ada banyak bongkahan es yang bisa kita lihat. Bongkahan-bongkahan patung  es berisi lampu warna-warni yang butuh berbulan-bulan membuatnya. Asal air bongkahan es itu sendiri adalah dari air yang tidak membeku di danau shikotsu.

Sumber :http://japantourlist.com



Selama festival berlangsung kita bisa pula menikmati pertunjukkan kembang api.

Membayangkan berada di Shikotsu yang dingin membuat saya merasa mungkin mandi air hangat bakalan terasa menyenangkan. Ternyata setelah saya browsing, di danau Shikotsu juga terdapat pemandian air panas. Tercatat ada tiga pemandian air panas di sana. Yakni: Shikotsu Onsen, Marukoma Onsen, dan Ito Onsen. Wuihhh. Jelas saya bakalan suka kalau begini ini.

Sumber: http://www.japanguides.net/


Furano

Kota Furano, didirikan di tanggal 1 Mei 1966. Tanggalnya sama dengan tanggal lahir saya. Jadi serasa memiliki semacam ikatan batin. :-D

Terdapat hamparan bunga lavender berwarna ungu kalau musim panas tiba. Lebih tepatnya ketika sekitar akhir Juli. Lokasi yang tentu aman dari nyamuk.  Kalau musim dingin tiba, lapangannya tertutup oleh serbuk salju yang kering.

Hal  yang paling sangat ingin saya lakukan di Furano adalah main ski. Dari dahulu saya sering penasaran bagaimana rasanya meluncur dengan papan ski di atas salju.

Sumber: http://blog.his-travel.co.id/article/detail/bermain-ski-dan-menikmati-bunga-di-furano


Furano Ski Area menawarkan pilihan bermain ski, untuk professional maupun untuk pemula. Jadi saya tak perlu khawatir nanti kalau main ke sini meskipun itu untuk pertama kalinya. Yeah,,, ngayal mode on

Kota Furano juga memiliki kota perbelanjaan yang berada didalam kawasan hutan. Ningle Terrace sebutannya. Tempat ini terdiri dari 15 bangunan yakni: toko, café,dsb, yang tersusun di dalam kabin kayu. Melihat gambar-gambar yang terpampang di google, saya malah seperti melihat Hogsmeade nya Harry Potter.

Sumber :http//otakuhokkaido.wordpress.com


Bandingkan dengan hogsmeade di bawah. meskipun arsitekturnya beda, tetapi menurut saya agak-agak mirip. Ya setidaknya kalau datang kemari saya bisa membayangkan lagi di negrinya Harry Potter

Sumber: http://theenchantedmanor.com




Shiretoko National Park- Fantasia


sumber: wikitravel.org


Taman Nasional Shiretoko ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan dunia. Alamnya indah, dan masih terdapat habitat berbagai hewan liar di tempat ini. Seperti Rubah Merah, Rusa Hokkaido dan beruang coklat. Letak Taman Nasional Shireteko  ada di ujung utara Pulau Hokkaido.

Ketika musim dingin, mengunjungi Shiretoko juga bakalan menarik. Ini karena ada Festival Shiretoko Fantasia. Momen dimana langit Shiretoko  penuh aurora berwarna-warni. Untuk melihatnya dapat mengunjungi Shiretoko Sharico. Festival ini untuk mengenang kembali aurora yang pernah muncul di Jepang tahun 1958

Sumber : http://visitbeautifuljapan.blogspot.com


Shiretoko disebut pula “Kerajaan Air Terjun”. Hal ini karena Shiretoko memiliki banyak sekali air terjun yang bisa dinikmati. Seperti air terjun Kamuiwakka yang mengalirkan uap, serta  air terjun Furepe no taki yand dijluki juga “Air Mata Gadis” saking cantiknya.



Dingin-dingin Mampir Museum Suku Ainu

Selain pemandangan alam yang yahud. Seperti yang saya bilang di awal, Hokkaido, juga punya budaya menarik.
Adalah suku Ainu, suku yang mendiami Hokkaido paling utara. 
Suku ini terpaksa menyembunyikan identitasnya di jaman Meiji, karena sempat dilarang menggelar kebudayaan, adat dan berbahasa Ainu. Tapi kini suku Ainu sudah diakui kembali sebagai suku pribumi di Jepang.


suku Ainu di Marimo fest
sumber: http://www.akibanation.com/author/admin/
Saya suka Jepang, makanya lebih afdol juga dong kalau bisa ke Jepang, saya bakalan mampir dulu ke museum Proto Kotan. Biar bisa melihat seluk beluk suku Ainu sebagai suku pribumi Jepang.
Museum ini ada di tepi danau Proto.

sumber: http://aisenbun.blogspot.co.id/2015/12/menelisik-suku-tradisional-jepang-ainu.html


Ketika di museum ini saya juga mau melihat tarian adat suku Ainu salah satunya iyomante rimse, sebuah taian melepas arwah beruang menuju surga. Bagi masyarakat Ainu mereka sangat mendewakan beruang. Karenanya beruang di Jepang sangatlah dihormati.

Woh iya, kalau selama ini kita mengenal Kimono sebagai pakaian budaya Jepang, ternyata Jepang, tepatnya Suku Ainu mempunyai pakaian budaya lain. namanya Attush


Sumber : http://aisenbun.blogspot.co.id/2015/12/menelisik-suku-tradisional-jepang-ainu.html

Benar-benar mupeng. Semoga bisa bener-bener menikmati winter di Jepang

Wishlist winter Hokkaido


Masih berimajinasi menikmati musim dingin di Jepang. Hal lainya yang tak ingin saya lewatkan adalah

Mencicipi Makanan Khas Jepang

Makan Mie Ramen

Makanan favoritnya Naruto ini sekaligus menjadi makanan kesukaan saya. Tapi selama ini saya baru menikmati Makanan Khas Jepang ini di Indonesia saja. Saya membayangkan dingin-dingin di Jepang lantas ngeMie Ramen di sana tentu bakalan berkesan banget. Hemmm

Di Hokaido, sendiri, ada beragam Mie Ramen. Seperti: Ramen rasa miso di Sapporo, Rasa garam di Hokkodate,ramen rasa shoyo di Ashahikawa. Ramen rasa udang dan kari pun seperinya juga enak.

Soal kehalalan makanan, buat saya ini jadi hal utama. untungnya, di Sapporo ada restoran ramen halal. tepatnya di restoran Hoiryu. Ini yang saya cari.

Sumber : http://blog.his-travel.co.id/article/detail/ramen-halal-sapporo-houryu

Membeli Kaitaku Okaki

Nah, sebagai oleh-oleh dari Hokkaido, kita bisa membeli Makanan Khas, Kaitaku Okaki. Ini adalah kerupuk panggang tradisionalnya Jepang. Bahan pembuatnya adalah beras ketan, garam hokaido, ganggang laut Erimo, kerang simping Okhotsk Esashi, salmon musim gugur Shibetsu, cumi-cumi Matsumae, dan udang merah jambu Mashike. Rasanya pasti enak sekali.
Sumber  :amazingjapanesefood.blogspot.com




Merasakan Takoyaki Asli

Takoyaki, makanan khas Jepang ini memang sudah beredar di Indonesia. Mulai dari yang kaki lima, sampai kelas restoran sudah banyak yang menjual. Tapi tetep, merasakan takoyaki di negaranya bakal memberikan kesan tersendiri. Mencicip camilan asal Kansai ini jadi salah satu hal yang ingin saya lakukan andaikan bisa wisata ke Jepang. Membayangkan menggigit roti bulat dari tepung terigu dengan gurita di dalamnya, Emmm, mendadak membuat saya lapar.

Sumber: https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Membicarakan Jepang membuat saya berpikir bagaimana cara saya ke sana???

Dekatkan mimpimu.

Makanya, dalam acara mendekatkan mimpi ini saya melakukan survey beberapa agen travel wisata ke Jepang

HIS Travel Agency
Dalam websitenya, yang beralamat di http://his-travel.co.id/ HIS travel meproklamirkan dirinya dalam 5 keunggulan yang membuatnya berbeda dari travel yang lain.
Yakni: Kenyamanan Service, Keamanan Terjamin, Harga Terbaik, Unggul dalam Individual Tour, dan Unggul dalam perjalanan ke Jepang


Poin yang terakhir, HIS unggul dalam perjalanan ke Jepang. Inilah yang menurut saya membuat HIS benar-benar mumpuni di dunia per-travelan ke Jepang. Dan membuatnya layak dijadikan pilihan travel pertama.

Poin terakhir ini tentu tak lepas dari sejarah HIS sendiri.  H.I.S Travel adalah group dari H.I.S Japan co Ltd yang sudah ada sejak tahun 1980. Pendirinya adalah orang Jepang, Mr. Hideo Sawada. Sejak awal didirikan HIS sudah berfokus di bidang Tour&Travel karenanya keprofesionalannya tak perlu diragukan.

Saat ini HIS sudah memiliki 273 cabang di Jepang dan 170 kantor di 53 negara. Di Indonesia, HIS memiliki kantor cabang utama di Jakarta yang berlokasi di Mid Plaza yang bernama H.I.S Travel Wonderland. HIS travel juga sudah tersebar ke beberapa wilayah di Indonesia seperti Bali, Surabaya, Bandung dan Jogja.

Dalam rangka keseriusannya menjadi “Unggul Dalam Perjalanan ke Jepang”, HIS menggandeng ANA (All Nippon Airways) yang merupakan pioneer maskapai penerbangan Jepang. Kerjasama kedua belah pihak ini disebut HAnavi. Dan HAnavi ini dikhususkan untuk turis asing yang datang ke Jepang.

Sumber: http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi

Jadi manfaatnya kalau pakai HAnavi kita bisa menghemat waktu perjalanan ke Jepang. Misal, jika kita akan menuju ke Hiroshima. Dengan kereta biasa, kita bisa menghabiskan waktu hingga 15 jam dari Tokyo. Atau dengan shinkanshen selama 4 jam perjalanan. Padahal waktu kita ke Jepang sangatlah terbatas. Nah di situlah manfaat HAnavi. Kita mampu memanfaatkan pesawat domestik sehingga kita bisa menghemat waktu perjalanan yang jauh lebih singkat.

Sumber: http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi

Dengan menggunakan HAnavi ,  perjalanan ke Hiroshima  bisa menjadi hanya 1 jam 50 menit.

Asyiknya lagi dari HAnavi, kita bebas memilih jadwal penerbangan. Plus kita bisa mendapatkan diskon hotel. Karena HIS sudah memiliki banyak jaringan hotel di Jepang.

Jepang, negri itu hidup dalam dunia harapan saya. Yeah…

Logo Tokyo Towerpun ada di header blog ini, sebagai symbol kalau saya memang ingin ke Jepang. 
Untungnya saya memiliki banyak teman-teman yang meskipun terkadang sering geleng-geleng kepala dengan mimpi saya ke Jepang. Tapi mereka mendukung. Seorang teman malah menawarkan kimono asli Jepang yang ia dapat dari oleh-oleh. 

"Suatu saat, kalau kamu ke Jepang beneran, bawa aja kimono ku. Pakai di sana, terus buat foto," ujarnya membuat saya terharu.

Beberapa waktu lalu pun seorang teman baru, yang sedang liburan ke Jepang membuatkan saya ini


Ahh, rasanya saya benar-benar menyemogakan bisa secepatnya ke Jepang

Nah lomba blog HIS Travel ini adalah salah satu usaha saya. Hehehe. Kalian juga bisa kok ikutan lombanya. Klik aja banner di bawah. Mungkin kita bisa pergi bareng. Yeah… Semoga.

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition



Related Posts

Hokkaido, Musim Dingin dalam Mimpi
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

35 comments

Tulis comments
avatar
09 January, 2016 17:02

Wah jadi pingin ke Jepang juga :)

Reply
avatar
09 January, 2016 17:31

Ayo ms dimas ikut lombanya :-)

Reply
avatar
11 January, 2016 07:49

Aku dari dari mupeng banget ke Jepang. Eh malah temenku yang ke sana duluan. :(

Reply
avatar
11 January, 2016 15:25

Ayo mb ikut lomba ini. Siapa tau skrg ksmpatanmu :-D

Reply
avatar
11 January, 2016 21:47

Sebagai sesama penggemar manga dan anime, saya mendoakan setulus hati semoga cita - cita mbak segera tercapai. semoga lombanya menang ya mbaaaak :)

Reply
avatar
12 January, 2016 05:25

Amin... Aq jadi terharu ms :,)

Reply
avatar
12 January, 2016 13:12

semoga kesampaian yaaa dakuw juga penggemar komik jepang, pengen banget ke hokkaido penasaran makanannya hihihi...

Reply
avatar
12 January, 2016 18:19

Amin mb dew... Yok ikutan lomba ini mb :-D

Reply
avatar
12 January, 2016 18:20

Semoga secepatnya ya ms :-) yok ikutan lomba ini aja

Reply
avatar
13 January, 2016 00:01

hehehe... sama mb inay. target 2016 :-)

Reply
avatar
13 January, 2016 04:25

Sekses ya lombanya, semoga menang.. Jepang emang yahud banget kata temen2 yg lg belajar di Jepang.

Reply
avatar
13 January, 2016 05:52

Amin mb....
Mupeng berat pengen kesana

Reply
avatar
13 January, 2016 05:52

Amin mb....
Mupeng berat pengen kesana

Reply
avatar
13 January, 2016 14:47

kalo udah ngebahas negara matahari terbit , saya selalu penasaran sama masakan jepang.. .
ngiler terus bawaan nya :(

Reply
avatar
13 January, 2016 19:51

Waah.. keren ya.. kapan saya bisa kesana, masih dalam impian, ah semoga suatu saat bisa mengunjungi negeri matahari itu

Reply
avatar
14 January, 2016 10:37

Salam kenal Mba.. semoga tercapai impiannya ;)
aku juga sejak dulu... sejak SD pengen banget ke Jepang.. hihi

Reply
avatar
14 January, 2016 15:53

semoga menang yaa, aku juga ingin ke jepang, cuma anak2 nggak ada yang urus kalo aku pergi, harus nabung banyak biar bisa sekeluarga ke jepang

Reply
avatar
14 January, 2016 20:04

Pengen jugaaa. Jepang ini emang cakep dari segala aspek deh. Wish you luck ya Mak.

Reply
avatar
15 January, 2016 06:11

Semoga tercapai ya keinginan ke jepangnyaaa..
Sahabat saya malah maret ini akan pulang ke indonesia setelah S3 di jepang, selama 4 tahun di sana udah keliling jepang katanya, hiks bikin iri :)

Reply
avatar
15 January, 2016 11:12

Ahhh jepang...*love *love
pingin ke sini, baru numpang transit di narita doang.
semoga bisa ke siniiii
Sukses ya lombanyaa....

Reply
avatar
15 January, 2016 23:33

xixixi
kalo saya paling ngiler ngebayangin menikmati musim dingin sambil ngeMie ramen. hemm, pasti nikmat banget

Reply
avatar
15 January, 2016 23:35

Amin... semoga diberi kesempatan buat kesana ya mb^^

Reply
avatar
15 January, 2016 23:36

Salam kenal juga mbak... Amin...
Jepang emang negara impian banyak orang :-)

Reply
avatar
15 January, 2016 23:38

waa, susah juga ya kalo udah berkeluarga terus pengen kemana2. Ya semoga banyak rejeki lah, biar bisa liburan sekeluarga ke Jepang. Amin :-D

Reply
avatar
15 January, 2016 23:42

huaaaa...
Asik bingit. dulu sempat juga nyari beasiswa kesana mb. tapi baru mau tinggal ngirim berkas malah ada satu dua hal yg bikin batal ngirim berkas kesana :-D

Reply
avatar
15 January, 2016 23:44

Amin...

lumayan mbak udah nyampai narita

Reply
avatar
16 January, 2016 00:37

waah keren, semoga menang ya mba :D

Reply
avatar
Mia
27 May, 2016 23:09

Sapporo mupeeeng mode on, insyaAllah suatu saat bisa ke Sapporo, ntar bareng yah he he he, postingannya keren,sukses sll mbak Aida (^_^)

Reply
avatar
25 July, 2016 14:05

wew , keren bangettt ....
wajib jadi rekomendasi saat liburan tuh
Hipnoterapi Semarang

Reply

Punya pengalaman mirip? Ada Pertanyaan? Atau malah pengen curhat? Silahkan tinggalkan komentar kalau ada :)
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>

Kalau kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share & like fanspage gubug kecil sang entung di facebook

Terima Kasih :)